Kampung Baca raih penghargaan kampung tematik tingkat utama

4
Kampung Baca Kecamatan Benda Kota Tangerang

Kampung baca atau Bangun Cita-cita Kelurahan Benda Kecamatan Benda meraih penghargaan kampung tematik tahun 2021 untuk kategori utama yang diadakan oleh Bappeda Kota Tangerang.

Prestasi ini diperoleh atas konsistensi Kampung Baca dibidang pendidikan, pelatihan, lingkungan dan kesehatan serta pemberdayaan masyarakat.
Inovator kampung baca Abdul Rohman Hafid bersyukur atas diraihnya penghargaan kampung tematik. Apresiasi tersebut menambah daftar penghargaan yang telah diraih sebelumnya seperti juara 3 kampung tematik 2020, juara PHBS tingkat kota serta perpustakaan tingkat provinsi Banten.
Adapun program yang berjalan di kampung baca antara lain perpustakaan umum, pelatihan komputer, bahasa asing, kajian Al Qur’an, PAUD, kesenian islami, desain dan fotografi serta public speaking. Kemudian juga ada pelatihan barista, sablon, desain grafis dan ide bisnis.
Lalu program lingkungan dan kesehatan meliputi penataan jalan lingkungan, penyediaan demplot tanaman hortikultura, demplot tanaman hidroponik, demplot ikan air tawar, dan layanan cek kesehatan gratis.
Terakhir program pemberdayaan ekonomi dimulai dari melakukan pendampingan ide bisnis, mentoring, hingga membuka akses permodalan usaha.
“Hasilnya lebih dari 300 anak dan warga terlihat aktif dalam kegiatan, tercipta 15 produk unggulan yang telah dipasarkan, 2000 tanaman ditanam di kawasan serta 300 meter jalan kampung telah tertata dengan baik,” ungkapnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.