Kenali Faktor Anak Terlambat Bicara

6
Terapi Wicara Menjadi Solusi Kterlambatan Bicara pada Anak/ ist

Gangguan komunikasi ini bisa terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Jenis gangguan komunikasi yang dialami seseorang bisa berbeda tingkat keparahannya. Semakin awal terdeteksi dan ditangani, semakin besar kemungkinan kesembuhan.

Untuk itu Penting untuk kita mengetahui Peran Rehabilitasi Medik untuk Mengatasi Gangguan Komunikasi pada Anak. Semakin dini kita mengetahui dan menanganinya, semakin besar kemungkinan kesembuhannya.

Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik RS Sari Asih Ciledug dr Eva Permata Sari, Sp.KFR, menerangkan Rehabilitasi Medik adalah layanan kesehatan secara komprehensif (menyeluruh) yang meliputi fungsional tubuh agar berjalan secara optimal.

“Sesuai kompetensinya maka layanan Rehabilitasi Medik bisa difungsikan kepada bayi yang baru lahir sampai usia lanjut,” ujar dr Eva Permata Sari, Sp.KFR.

Keluhan komunikasi yang terlambat pada anak sering juga dikeluhkan oleh para orang tua di layanan rehabilitasi medik. Menurutnya  masalah komunikasi yang dikeluhkan bisa disebabkan oleh beberapa macam faktor.

“Faktor eksternal bisa timbul karena pola asuh yang salah, semisal tidak ada stimulasi di awal kepada anak dengan tidak mengajarkan bahasa. Sedangkan faktor internal yang timbul karena gangguan dalam tubuh semisal masalah di sistem susunan syaraf pusat seperti gangguan organ yang memproduksi suara, dan lainnya,” terangnya.

Melalui rehabilitasi medis akan dilakukan sejumlah terapi yang dapat mengembalikan fungsi-fungsi yang terganggu tersebut menjadi optimal kembali, yang tentunya gangguan yang terjadi harus terlebih dahulu dideteksi.

“Gangguan yang terdeteksi dengan sedini mungkin akan turut membantu tingkat kesembuhan, seperti menyadari pada usia enam bulan bayi tidak melirik atau menoleh pada sumber suara yang datang baik dari belakang atau sampingnya ” ujar dia.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.