KWT Ikuti Penilaian Kawasan Rumah Pangan Lestari

2
lebaran
Sebanyak 11 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di 13 Kecamatan mengikuti penilaian Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).
Penilaian melibatkan juri dari Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, Pendamping KWT, dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP).
Kepala Bidang Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Eny Nuraeni mengatakan, penilaian lomba pemanfaatan pekarangan di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada KWT.
“Tujuannya meningkatkan partisipasi dan motivasi masyarakat terhadap kegiatan pemanfaatan pekarangan,” ujarnya.
Adapun sebanyak 11 KWT akan mengikuti penilaian tersebut telah mempersiapkan Kebun/Rumah bibit, Demplot, pekarangan anggota, dan pengolahan hasil olahan dengan konsep Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Dikatakannya, Pemkot Tangerang memberikan dukungan KWT berupa bibit, pupuk, tenaga  penyuluh dan pendamping. Pendamping bertugas menjadi jejaring melakukan pembinaan, laporan,dan evaluasi kegiatan di KWT.

“Pembinaan memberikan dukungan masyarakat tetap gemar bercocok tanam,dan menularkan kepada warga lainnya untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman produktif seperti sayur-mayur dan buah-buahan,”ujarnya.

Menurutnya, optimalisasi pemanfaatan pekarangan rumah merupakan salah satu bentuk program KWT dilokasi yang minim lahan. Hasil panen pun dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan yang variatif dan tahan lama.

“Program KWT tak hanya bercocok tanam tetapi juga memberikan pendampingan untuk menciptakan olahan pangan lokal dari hasil cocok tanam KWT dan hasil tanam rumah tangga,”ucapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.