Laksa dan 112 Layani Pengaduan Masyarakat

4

Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (Laksa) merupakan layanan pengaduan yang dapat diakses melalui berbagai kanal saluran. Mulai dari aplikasi yang terintegrasi di portal Tangerang LIVE sampai dengan akun Media sosial (Medsos) yang dikelola Pemkot Tangerang.

Kepala UPT Tangerang LIVE Room (TLR) Ian Chavidz mengatakan, Laksa merupakan upaya Pemkot Tangerang dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan memberikan aspirasi dan saran terhadap permasalahan di lapangan yang belum terlayani ataupun perlu ditingkatkan.

“Laporan yang masuk segera direspon dan dilayani oleh instansi terkait,” ujarnya.

Berdasarkan data laporan yang masuk ke Laksa sebanyak 29.449 yang terdiri dari pengaduan melalui Laksa 14.746 dan medsos sebesar 14.703. Dari total keseluruhan sebanyak 29.206 atau 99.17 persen dari laporan yang masuk telah terselesaikan.

“Laporan yang masuk beragam mulai dari lingkungan, infrastruktur, lalu lintas, hingga evakuasi hewan dan sarang tawon,” ujar dia.

Selain Aplikasi LAKSA, Pemerintah Kota Tangerang memiliki layanan untuk urusan kegawatdaruratan yakni Nomor Tunggal Layanan Darurat Kota Tangerang Siaga  112.

Kepala UPT Tangerang LIVE Room, Ian Chavidz mengatakan Layanan yang berada di ruang kendali Tangerang LIVE Room ini dapat diakses dari semua operator telepon, telepon selular baik dengan atau tanpa kartu Simcard.

“Layanan gawat darurat diantaranya ambulan gratis, kebakaran, kriminalitas, kecelakaan, kerusuhan, banjir, tawuran, mobil terbakar, pohon tumbang, bunuh diri dan lainnya,” ujar dia.

Dikatakannya, kehadiran layanan 112 yang siaga 24 jam ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk, mempermudah dalam menghubungi layanan gawat darurat serta mempercepat penanganan di situasi darurat.

“Saat ini layanan Tangerang Siaga 112 juga melayani masyarakat terkait penanganan virus Covid-19, selain juga dapat mengakses di 082299973322,” ujar dia.

Dia menambahkan, kondisi saat ini dimana sebagian besar pegawai melakukan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, personil Tangerang LIVE Room tetap melayani setiap pengaduan dan panggilan darurat masyarakat.

“Petugas kami tetap bekerja 24 jam, kami harap masyarakat juga mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap berada dirumah,’ucapnya.(did)

Layanan Pengaduan dan gawat darurat

Aplikasi Laksa di Tangerang LIVE

Whatsapp : 0811-1500-293

Facebook : Pemerintah Kota Tangerang

Twitter : @Kota_Tangerang

Instagram :Tangerangkota

112

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.