Liga 1: PS Tira vs PSIS Semarang, Skor Akhir 0-1

7
PS Tira menjamu PSIS Semarang yang sama-sama bertekad menang dan perbaiki posisi mereka di papan klaseme

Katakota.com, -Hasil PS Tira vs PSIS Semarang dalam laga pekan ke-26 Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada Rabu (17/10) ditutup dengan skor akhir 0-1.

Baik tuan rumah PS Tira maupun PSIS Semarang sama-sama bertekad menang untuk perbaiki posisi mereka di papan klasemen Liga 1 Indonesia.

Tuan rumah PS Tira saat ini bertengger di peringkat ke-16 dengan koleksi 28 poin. Namun The Young Warriors masih punya satu pertandingan di tangan, karena mereka belum lakoni laga pekan ke-25 melawan PSMS Medan yang ditunda hingga 14 November mendatang.

Sedangkan tim tamu, PSIS Semarang, berada di posisi 13 dengan nilai 30. Dengan jarak yang begitu tipis dalam perolehan poin, tak heran jika kedua tim dipastikan bakal berjuang keras untuk menang. Khususnya bagi tuan rumah yang saat ini masih ada di zona merah.

Awal pertandingan dibuka dengan ancaman tuan rumah pada lini pertahanan tamu mereka, PSIS Semarang. Walau awalnya tak ada ancaman berarti, namun para pemain PS Tira cukup berhasil membuat kiper tim tamu, Jandia Eka Putra, pontang-panting selamatkan gawangnya.

Saat laga memasuki menit ke-17, PS Tira lagi-lagi beri tekanan berarti bagi lini pertahanan PSIS yang kali ini dilakukan Aleksandar Rakic. Sayangnya, peluang ini berhasil ditangkap Jandia dengan tepat.

Tiga menit kemudian, Rakic kembali lancarkan ancamannya. Namun lagi-lagi peluang ini bisa digagalkan Jandia.

Kiper Jandia Eka Putra benar-benar jadi pahlawan PSIS dalam pertandingan pekan ke-26 Liga 1 Indonesia. Berkali-kali ia berhasil gagalkan serangan Rakic, pun serangan yang dilancarkan pemain asal Serbia itu di menit 22. Kedudukan masih imbang 0-0.

Permainan hanya berkutat di lini pertahanan PSIS Semarang, karena beberapa kali bola yang mampir ke kaki para pemain tim Mahesa Jenar berhasil direbut atau dipatahkan para pemain PS Tira.

Di menit 33, PSIS coba membangun serangan ke lini pertahanan PS Tira. Namun, bola hanya meluncur ke depan dan keluar lapangan. Gagal! Bola kembali beralih ke kaki para pemain tuan rumah.

Saat pertandingan baru memasuki menit ke-37, pelatih PSIS Jafri Sastra telah lakukan pergantian pemain di lini tengah skuadnya. Melihat ada yang tak beres di lini tersebut, Jafri pun masukkan Hafid Ibrahim gantikan Muhammad Yunus.

Secara mengejutkan PSIS malah memimpin 1-0 lebih dulu empat menit sebelum jeda. Berkali-kali rasakan ancaman tuan rumah, Ibrahim Conteh malah lolos dari pengawalan dan sodorkan bola pada Bruno Silva yang langsung ceploskan si kulit bundar tepat di depan gawang Angga Saputra.

Aboubakr memang sempat lakukan interseps, namun bola lolos dari penjagaannya, dan meluncur ke kaki Bruno Silva. Pemain asal Brasil itu sukses sarangkan tembakannya ke gawang tuan rumah. 1-0 Untuk PSIS!!

Di sisa waktu babak pertama, PS Tira coba samakan kedudukan lewat aksi Rakic. Namun, para pemain belakang PSIS berhasil atasi kemelut di depan gawang Jandia.

Kerja sama Ibrahim Conteh dan Bruno Silva membangun lagi serangan PSIS di masa injury time babak pertama. Namun, tekel bersih pemain PS Tira berhasil merebut bola dan lakukan serangan balik. Namun, tak ada gol yang tercipta di akhir babak pertama dan tim Mahesa Jenar pun tetap memimpin 1-0 hingga turun minum.

Di awal babak kedua, pelatih PS Tira Nil Maizar masukkan Abduh Lestaluhu yang malam tadi masih memperkuat Timnas Indonesia di laga kontra Hong Kong, menggantikan Mahdi Albaar.

Empat menit awal babak ke dua, PSIS lancarkan serangan balik yang cepat dan berbahaya. Lagi-lagi lewat kerja sama Bruno Silva dan Ibrahim Conteh, yang timbulkan kegalauan di lini pertahanan tuan rumah. Sayangny, Silva berada pada posisi offside saat ia tembakkan bola ke arah gawang PS Tira.

PS Tira nyaris samakan kedudukan di menit 52, saat Rakic sodorkan umpan matang pada Jeon Woo-young yang berdiri tepat di depan mulut gawang PSIS. Sayangnya, umpan ini gagal dimanfaatkan pemain asal Korea Selatan itu hingga tak hasilkan gol persamaan bagi tuan rumah.

Begitu juga saat Woo-young berusaha sarangkan umpan Rakic di menit 55. Tembakan kerasnya dari sisi kotak penalti PSIS masih melebar.

Memasuki menit 70 PS Tira punya peluang tendangan bebas, yang coba dilancarkan Rakic. Sayangnya, tembakan Rakic tak on-target dan gagal membahayakan gawang Jandia karena melambung di atas gawang PSIS.

Di pertengahan babak kedua ini, beberapa kali pelanggaran dilakukan para pemain tamu pada skuad asuhan Nil Maizar, walau tak ada yang cedera.

PS Tira nyaris samakan kedudukan kalau saja tendangan on-target Rakic gagal ditangkal Jandia Eka Putra jelang pengujung laga. Kiper kelahiran Padang, 31 tahun lalu, itu memang pantas jadi man-of-the-match dalam laga kali ini.

PS Tira makin tingkatkan tekanannya pada tamu mereka saat laga tersisa 10 menit lagi. Namun, di menit 84, PSIS nyaris menambah koleksi golnya, kalau saja bola tak segera ditangkap Angga Saputra.

Lima menit sebelum laga berakhir, para pemain belakang PSIS berhasil gagalkan peluang cantik Abduh Lestaluhu. PSIS pun tetap memimpin 1-0!!

Jeon Woo-young coba lancarkan tandukan kepalanya di menit 87. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang PSIS.

Begitu juga saat pemain Korsel ini lancarkan tembakan jarak jauhnya di masa injury time, bola tembakan Woo-young berhasil ditepis Jandia.

Woo-young terus membangun serangan di menit-menit akhir pertandingan. Sayangnya, lagi-lagi, peluang yang disodorkannya pada rekan-rekannya yang berdiri di depan gawang PSIS gagal membuahkan hasil, karena bola berhasil ditepis Jandia Eka Putra, bahkan bola rebound yang coba disarangkan ke gawang PSIS pun hanya melambung.

Wasit pun akhirnya meniup peluit panjang mengakhiri pertandingan, hasil PS Tira vs PSIS Semarang ditutup dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain PS Tira vs PSIS Semarang

PS Tira: Angga Saputra, Mahdi Albaar/Abduh Lestaluhu, Aboubakr Radanfah, Didik Wahyu, Kasim Slamat, Manahati/Dimas Drajad, Jeon Woo-young, Ahmad Nufiandani/Sansan Fauzi, Dimitry Rekish, Izmy Hatuwe, Aleksandr Rakic. Cadangan: Teguh Amiruddin, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu, Safri Irfandi, Roni Sugeng, Dimas Drajad, Sansan Fauzi.

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Gilang Ginarsa, Fauzan Fajri, M Rio, Safrudin Tahar,
Ibrahim Conteh, M Yunus/Hafid Ibrahim, Nery Alom, Hari Nur, Bruno Silva, Bayu Nugroho. Cadangan: Joko Ribowo, Agung Fendy, Frendi S., Hafit Ibrahim, Melcior Majefat, Aldaier Makatindu, Gustur Cahyo.

Sumber : Gilabola.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.