Liga 1: PSM Makassar vs Persija Jakarta, Skor Akhir 2-2

8

Katakota.com, -Hasil PSM Makassar vs Persija Jakarta dalam pertandingan pekan ke-31 Liga 1 Indonesia ditutup dengan skor akhir 2-2 di Stadion Andi Mattalata, Jumat (16/11) sore.

Persija gagal mempersempit jarak dengan PSM Makassar, setelah hanya menutup laga di kandang PSM dengan skor imbang 2-2, walau sempat unggul 2-0. Lewat hasil imbang ini, Persija kini tetap berjarak empat poin dengan PSM yang bertengger di posisi teratas.

Persija Jakarta semula berhasil dekati jarak PSM yang bertengger di posisi puncak klasemen sementara, saat mereka unggul 2-0 di babak pertama laga di kandang tim Juku Eja. Saat itu, Macan Kemayoran berhasil persempit jarak dengan PSM satu poin saja.

Persija tampil apik di laga ini, terutama di paruh pertama pertandingan saat mereka bermain lepas dan memperoleh keunggulan 2-0 di Makassar. Gol pertama Persija dibukukan oleh Jameirson Xavier saat laga baru berjalan delapan menit, dan gol bunuh diri Abdul Rahman di menit 24.

Sayangnya, keunggulan 2-0 di kandang PSM tak bertahan di babak kedua, karena PSM mengejar ketertinggalan mereka dan menutup laga menjadi 2-2. PSM mengejar lewat gol Rizky Pellu di menit 60, yang kemudian digenapi Zulham Zamrun di menit 77, menjadi 2-2.

Berusaha menekan di awal laga, PSM malah cukup kewalahan atasi serangan demi serangan yang dilancarkan tim Macan Kemayoran. Bahkan di lima menit pertama, Persija setidaknya punya dua peluang untuk mencetak gol lebih dulu.

Benar saja, bombardir anak-anak Persija akhirnya membuahkan hasil, saat sontekan Jameirson da Silva yang memanfaatkan umpan Gunawan Dwi Cahyo berhasil menjebol gawang Rivky Mokodompit ketika laga baru berjalan delapan menit.

Tiga menit kemudian giliran para pemain PSM yang coba mengejar ketertinggalan mereka. Sayangnya, tembakan Saldi masih melebar dari mulut gawang Shahar Ginanjar. Begitu juga dengan sepak pojok yang diperoleh tim Juku Eja.

Tim Juku Eja berusaha tingkatkan tekanan mereka. Salah satunya di menit 24, PSM lancarkan tembakan on target yang sangat berbahaya. Beruntung bagi tim Macan Kemayoran, peluang tuan rumah ini berhasil diamankan kiper Shahar Ginanjar. Persija pun tetap memimpin 1-0.

Pelanggaran yang dilakukan pemain tuan rumah membuahkan tendangan bebas bagi Persija, yang coba dieksekusi Reva Adi Utama.

Tendangan bebas Persija yang semula hendak disundul Marko Simic, malah membuahkan gol bunuh diri yang tercipta lewat kepala pemain PSM, Abdul Rahman. Persija pun memimpin 2-0.

Tertinggal dua gol dari sang tamu, PSM berusaha keras mengejar ketertinggalannya. Namun, setidaknya tiga peluang yang coba dimanfaatkan Wiljan Pluim tak ada yang bersarang di gawang tuan rumah.

Memasuki menit ke-32, Persija coba lancarkan serangan balik, saat barisan pertahanan PSM yang keasyikan membantu penyerangan lengah. Sayangnya, umpan yang diarahkan kepada Marco Simic terlalu kencang hingga pemain asal Kroasia ini gagal lancarkan tembakan dengan sempurna.

Tiga menit kemudian, PSM mendapat peluang gol lewat aksi tendangan bebas Zulkifli yang berusaha dimanfaatkan M Rahmat. Namun, hasil sundulannya tak mengarah ke gawang lawan. Persija pun berhasil amankan keunggulannya.

Memasuki menit 41, PSM punya peluang bagus di menit 41. Namun, tembakan keras Wiljan Pluim berhasil diantisipasi pemain Persija, Gunawan DC, hingga gawang Macan Kemayoran tetap bersih. Keunggulan 2-0 untuk Persija pun menutup laga di babak pertama.

Lima menit di awal babak ke dua, tuan rumah PSM punya peluang bagus di depan gawang Persija. Sayangnya, bola yang coba disarangkan Guy Junior malah melambung di atas gawang Sahar Ginanjar. Pelatih Robert Rene Alberts pun putuskan untuk menarik keluar Guy Juniors dan menggantikannya dengan Ferdinand Sinaga.

PSM terus mencoba menekan lini pertahanan tim Macan Kemayoran. Yapi hingga menit ke-53 tak ada satupun peluang PSM yang membuahkan hasil, Persija tetap memimpin 2-0.

Perjuangan tim Juku Eja akhirnya membuahkan hasil saat Rizky Pellu berhasil memanfaatkan umpan Zulkifli Syukur dan menjebol gawang Shahar Ginanjar tepat di menit 60. PSM pun berhasil mengejar ketertinggalannya, 1-2!

Seketika semangat anak-anak PSM pun meningkat setelah mereka berhasil mengejar keunggulan Persija. Pertarungan makin sengit di 20 menit terakhir.

PSM secara dramatis akhirnya berhasil samakan kedudukan menjadi 2-2, setelah tertinggal 0-2 di babak pertama. Gol persamaan tim Juku Eja dibukukan Zulham Zamrun yang tampil sebagai pemain pengganti, di menit 77. Zulham berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Persija yang tak mampu dibendung Shahar Ginanjar.

Di sisa waktu permainan, kedua tim pun berusaha mencetak gol kemenangan mereka, yang sangat berarti di laga ini. Namun, beberapa kali upaya Wiljan Pluim maupun Marc Klok tak membuahkan hasil bagi tuan rumah.

Sementara Persija, beberapa kali upaya tim Macan Kemayoran hanya sampai di tengah lapangan. Mereka pun lebih sering berkumpul di lini belakang dan membantu pertahanan, karena gencarnya serangan yang dilakukan PSM di menit-menit akhir.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang, hasil pertandingan PSM Makassar vs Persija Jakarta akhirnya ditutup dengan skor akhir 2-2.

Susunan Pemain PSM Makassar vs Persija Jakarta

PSM Makassar: Rivky Mokodompit, Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi, Rizky Pellu/Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Wiljan Pluim, M Rahmat, Guy Junior/Ferdinand Sinaga, Saldi/Zulham Zamrun. Cadangan:
Syaiful, Asnawi M, Hasim Kipuw, Hendra W, Rasyid Bakri, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga.

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar, Ismed Sofyan/Alua Septianus, Jaimerson Xavier, Gunawan Dwi Cahyo, M Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Sandi Darma Suthe, Renan da Silva/Vava Mario Yagalo, Novri Setiawan, Marko Simic, Ramdani Lestaluhu/Frengki Kagoya. Cadangan: Daryono, Michael Orah, Vava Mario, Fitra R, Frengki K, Septinus Alua, Bambang Pamungkas.

Sumber : Gilabola.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.