Menikmati Wisata Rakyat di Kota Tangerang

7
lebaran
Akhir pekan adalah waktu yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi warga Kota Tangerang berwisata tak perlu jauh dan mengeluarkan banyak biaya sebab banyak pilihan destinasi Instagramable yang telah disediakan Pemkot setempat.
Salah satu warga Pinang Rohmat, kini tak kebingungan saat weekend tiba,  Dia mengajak istri dan kedua anaknya menikmati wisata yang disediakan oleh Pemkot Tangerang.
Berbekal informasi berita online yang dibacanya, di Sabtu sore buruh lepas ini memacu sepeda motornya menuju taman Gajah di Kecamatan Tangerang.
Tak ketinggalan bekal nasi dan cemilan dibawanya. Rohmat sengaja tak mau jajan untuk berhemat. Apalagi menurutnya makanan yang dibawa dari rumah lebih terjamin rasa dan kebersihannya.
Sesampainya di Taman Gajah, Bus wisata sudah menanti kedatangannya. Tak perlu menunggu lama usai memarkirkan motornya, Rohmat dan keluarganya memulai perjalanan wisatanya keliling Kota Tangerang.
Rohmat dan keluarganya pun memilih kursi di kabin terbuka yang berada di bagian belakang bus. Semilir angin menemani saat bus berjalan perlahan.
Sesekali pandangannya melihat ke kiri dan kanan jendela bus menikmati suasana kota Tangerang yang ramai jelang malam Minggu.
Di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang bus wisata berhenti tepat di depan taman elektrik. Hamparan rumput sintetis menyambut kedatangan penumpang bus berkelir merah itu.
Rohmat dan keluarganya bergegas mencari tempat duduk dan menikmati bekal yang dibawanya dari rumah. Kedua anaknya kegirangan berlari-lari kecil dan berguling-guling diatas karpet sintetis.
Rohmat mengatakan, fasilitas wisata dan ruang terbuka yang disediakan Pemkot Tangerang membantu masyarakat seperti dirinya untuk menikmati hari libur yang dekat dan murah.
“Wisata cukup di Tangerang saja, murah juga dekat, ini wisata rakyat karena dapat dinikmati oleh siapa saja,” ujarnya.
Tak jauh berbeda, Sinta warga Kota Tangerang lainnya memanfaatkan malam minggunya untuk menyambangi Jembatan Berendeng.
Warga menikmati wisata di Jembatan Berendeng(Adit)
Menurutnya di jembatan yang memiliki arsitektur budaya lokal Tangerang banyak spot menarik untuk berfoto.
Apalagi kehadiran beranda kaca dan gemerlap lampu saat malam hari menambah menarik foto yang akan dibagikannya di media sosial.
Bagi Sinta yang seorang mahasiswa, menghabiskan waktu libur akhir pekan tak melulu di pusat perbelanjaan.
Fasilitas ruang terbuka dan taman yang dibangun Pemkot Tangerang menyatukan masyarakat dari berbagai kalangan.
“Wisata murah dan dekat siapapun dapat menikmatinya,” ujarnya.
Terlebih, kata Sinta saat Pemkot Tangerang mengadakan Festival Cisadane dan festival tematik lainnya. Masyarakat dari berbagai kalangan disuguhkan hiburan rakyat yang mengedepankan budaya dan kearifan lokal.
“Taman, ruang terbuka yang dibangun juga festival yang diadakan mengangkat potensi Kota, ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan dari luar daerah,” kata dia.
Walikota Tangerang Arief R.Wismansyah mengatakan, fasilitas ruang terbuka berupa taman-taman tematik dan pagelaran event festival merupakan upaya Pemkot memanjakan warganya untuk berekreasi yang murah dan dekat.
Masyarakat tak perlu jauh-jauh untuk berwisata keluar Kota, di Kota Tangerang juga banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi,” ujarnya.
Menurutnya, selain upaya menjadikan Kota  yang layak dikunjungi oleh wisatawan asing dan daerah, kehadiran taman tematik serta event wisata juga dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Tangerang sendiri.
“Taman-taman dan berbagai even festival merupakan hiburan dan rekreasi bagi rakyat Kota Tangerang,” ucapnya.(Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.