Permintaan Produk Olahan Jahe Meningkat

7

Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki khasiat bermanfaat untuk tubuh salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah masuknya berbagai macam penyakit termasuk penyakit yang sedang mewabah saat ini yaitu Covid19.

Selain jahe mentah, produk olahan berbahan dasar jahe kini banyak dicari oleh masyarakat.

Seperti yang dialami pelaku UKM jahe dari kampung tematik jahe di RW 07 Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci.

Salah seorang warga Kampung Jahe Hanifah Bowo mengatakan, setiap hari pihaknya menghabiskan 35 kilogram jahe untuk memproduksi varian sirup jahe, dan 5 kilogram untuk jahe instan.

Saat ini dirinya menerima banyak pesanan baik masyarakat maupun instansi.

“Pesanan meningkat 100 persen dari produksi normal,” ujar Hanifah yang mendapatkan pengetahuan mengolah jahe melalui program pembinaan yang difasilitasi oleh Pemkot Tangerang beberapa waktu lalu.

Bahkan produk jahe produksinya kini telah menembus pasar negara Jepang, pesanan yang biasanya 10 kilogram perbulan juga mengalami kenaikan dua kali lipat yakni mencapai 20 kilogram.

“Awalnya dikirim untuk oleh-oleh anak yang lagi sekolah di sana, kemudian banyak teman-teman dan warga Jepang yang menyukai minuman jahe dan memesan dikirim kembali,” ujar dia.

Produk jahe khas kampung tematik jahe ini berupa jahe instan murni, jahe putih dan jahe di campur pegagan. Bagi masyarakat yang ingin memesan produk olahan jahe dapat datang langsung ke rumah produksi di Kampung Jahe yang berada di perumahan Bugel Mas Indah Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci.

“Disini juga menyediakan bibit jahe di kebun Kampung Jahe, masyarakat bisa membeli dan menanamnya di rumah,” ujar dia.(adit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.