Piala AFC: Indonesia vs Uni Emirat Arab, Skor 1-0 

12

Katakota.com, -Hasil Indonesia vs Uni Emirat Arab pada Piala AFC U-19 2018 di Gelora Bung Karno, Rabu (24/10) malam, ditutup dengan skor akhir 1-0. Satu pemain Indonesia kartu merah!

Indonesia butuh kemenangan malam ini karena mereka kalah dengan skor dramatis, 5-6 lawan Qatar beberapa hari lalu. Meski tampil heroik dan menipiskan skor dari 1-6 menjadi 5-6, kalah ya tetap saja kalah.

Sebagai hasilnya Indonesia menduduki urutan ketiga grup, hasil satu kali menang lawan China Taipei dan sekali kalah. Uni Emirat Arab duduk pada posisi kedua dengan poin 6 dan kemungkinan akan mengejar hasil imbang saja malam ini di GBK.

Laga di GBK malam ini dimulai dengan tempo cepat. Garuda muda mengambil inisiatif serangan. Tapi sampai 10-11 menit pertama tak ada serangan yang menonjol. UEA cukup kuat di belakang.

Peluang terbaik datang menit 13 saat satu umpan silang masuk ke dalam kotak penalti dan disambar sundulan Hanis Saghara. Tapi apa yang terjadi? Bola meleset ke atas mistar gawang. Ini menjadi semacam peringatan bagi tim lawan bahwa kita sungguh-sungguh hendak mencari kemenangan.

Satu umpan terobosan dari tengah lapangan sampai ke Witan Sulaeman. Dari dekat garis setengah lapangan Witan kemudian menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti di bawah kawalan dua pemain lawan, dan ia mengincar tiang dekat. GOL! 1-0! Kiper lawan tidak bergerak sama sekali.

Menit 29 pemain kita Nurhidayat Haji Haris memperoleh kartu kuning setelah menjatuhkan satu pemain lawan, mungkin Ali Saleh. Yang bersangkutan mengambil sendiri tendangan bebas itu tapi berhasil diamankan kiper Riyandi.

Selang 5-6 menit kemudian Witan sekali lagi membuat pemain lawan berkeringat dingin. Umpan akurat dari Egy Maulana disambarnya dengan tendangan voli. Sayang, melayang di atas mistar gawang Suhail Abdula. Tidak mengubah skor, masih 1-0.

Frustrasi dengan ketertinggalan 1-0, anak-anak dari kerajaan kecil di Teluk Persia itu main keras. Beberapa kali pemain kita jadi korban jegal dan tekel. Ali Saleh menjadi salah satu pemain lawan yang berbahaya. Pergerakannya beberapa kali membuat jantung kita berdebar.

Awal babak kedua, Todd Rivaldo yang mencetak hattrick pada partai 5-6 lawan Qatar masuk sebagai pemain pengganti. Mungkin akan cetak tiga gol lagi? Selama 6-7 menit awal babak kedua UEA mengurung pertahanan kita.

Menit 52 dalam satu tabrakan Nurhidayat tampak cedera dan menerima perawatan medis, namun wasit sudah bersiap dengan kartu kuning. Jika benar maka ia akan terkena dua kartu kuning dan itu berarti pengusiran dari lapangan. Setelah itu tim lawan semakin menjadi-jadi melakukan serangan. Mereka mengejar skor imbang 1-1.

Menit 64 Indonesia hanya bermain dengan 9 orang saja setelah Egy Maulana cedera dan menerima perawatan di luar lapangan. Situasi-situasi berbahaya dialami tim Garuda muda kita. Ditariknya Saddil keluar pada menit 57 tadi menyebabkan Ali Saleh memperoleh ruang gerak lebih leluasa.

Menit 87 permainan satu-dua antara Witan dan Todd membuat pertahanan Uni Emirat Arab kocar-kacir. Sayang dari insiden handball Yousif Ali, Indonesia gagal mendapatkan gol.

Wasit pun akhirnya meniup peluit panjang mengakhiri pertandingan, hasil Indonesia vs Uni Emirat Arab ditutup dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Indonesia vs Uni Emirat Arab

Indonesia : Muhmmad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika; Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu; Saddil Ramdani, Hanis Saghara, Egy Maulana. Cadangan: Kadek Raditya, David Rumakiek, Muhammad Raffi Syaharil, Muhammad Rafli Mursalim, Feby Eka Putra, Resky Fandi, Indra Mustafa, Aulia Hidayat, Gianluca Rossy, Todd Rivaldo Ferre, Muchamad Aqil Savik.

Uni Emirat Arab : Suhail Abdulla; Abdelrahman Saleh Khamis, Yousif Ali Almheiri, Omar Alesmaili, Ahmed Abdulla Jamil; Ali Saleh, Eid Khamis Eid, Mansor Alharbi, Majed Rashed,Abdulla Alnaqbi; Ahmed Fawzi. Cadangan: Salam Khairi, Omar Ahmad Salem, Saoud Abdulrahman Almahri, Khalid Al Baloushi, Hamdan Almansoori, Faris Khalil, Sultan Saeed Muftah Mahboob, Fahad Batout, Fahad Alhamadi, Rayed Reda Eidan,Rashed Mubarak, Tahnoon Alzaabi.

Sumber : Gilabola.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.