Rempah-Rempah Tingkatkan Potensi Ekonomi Kampung Inovasi Cimone

69
Rempah-Rempah Tingkatkan Potensi Ekonomi Kampung Inovasi Cimone,(adit/katakota.com)

Tangerang, Katakota.com -Rempah-rempah adalah kekayaan Nusantara yang tidak hanya penting bagi ketahanan pangan, namun juga kaya akan nilai sosial, sejarah dan ekonomi bagi bangsa kita yang majemuk ini.

Menyadari kekuatan rempah-rempah, Ikatan Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia – LPDP Angkatan 140 Andrawinapala mengadakan kegiatan sosial bertema Rempah Pangan Lestari yang bertujuan memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi di Kampung Inovasi Cimone.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh peraih kalpataru nasional Bambang Irianto, Camat Karawaci Suli Rosadi dan penggerak kampung inovasi Cimone Suherman ini merupakan lanjutan dari project sosial Ikatan Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia – LPDP Angkatan 140 Andrawinapala yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya kegiatan diisi dengan melukis mural bersama yang mengusung ciri khas Kampung inovasi Cimone sebagai kampung hidroponik dan salah satu Kampung yang menerapkan nilai-nilai pancasila menurut Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Ketua Ikatan penerima beasiswa LPDP angkatan 140, Hargyo Tri Nugroho mengatakan, project sosial dilakukan sebelum penerima beasiswa LPDP menimba pendidikan baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Diharapkan setelah kembali ke masyarakat ilmu yang diperoleh dapat berkontribusi kepada masyarakat.

“Ini hanya contoh kecil kontribusi sosial kepada masyarakat, Diharapkan kontribusi dan sinergi yang lebih besar diberikan setelah nanti pulang dari pendidikan dan kembali di tengah-tengah masyarakat,” kata dia, Sabtu (16/3).

Terkait dengan budidaya rempah-rempah di Kampung inovasi Cimone bertujuan meningkatkan potensi ekonomi serta ketahanan pangan masyarakat setempat. Tak hanya membangun kebun edukasi rimpang rempah dan memperbaiki green house, project sosial yang dilakukan juga memberikan edukasi budidaya rempah dan rimpang kepada warga setempat.

“Rempah-rempah memiliki potensi ekonomi yang besar mulai dari pengobatan herbal, bumbu masak, sayur mayur, budidayanya juga mudah dengan lahan tak terlalu besar dan cara menanam yang mudah, tak berhenti disini akan tetapi kami terus lakukan pendampingan kepada warga Kampung inovasi Cimone dalam budidaya rempah-rempah ini,” papar dia.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.