RS Sari Asih Cipondoh Gelar Donor Darah 

4
RS Sari Asih Cipondoh bekerjasama dengan PMI Kota Tangerang menggelar acara donor darah pada Jumat (28/05/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Tangerang yang menipis lantaran berkurangnya pendonor selama Ramadan kemarin.
“Kita akui memang sedikit kesulitan untuk mencari darah untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah bagi pasien di RS Sari Asih Cipondoh karena stok di PMI berkurang saat ramadan,” ujar Manajer Marketing RS Sari Asih Cipondoh, Yudi Suyatno.
Dia mengatakan, donor darah yang diadakan di Aula RS Sari Asih Cipondoh itu diikuti para karyawan juga masyarakat umum di sekitar yang ingin mendonorkan darahnya.
Selain donor darah, dalam kesempatan itu juga mencari pendonor dari penyintas covid 19 untuk menjadi bahan terapi bagi pasien covid 19 yang tengah dirawat.
“Selain donor darah kita juga mengadakan donor darah plasma konvasalen untuk menjadi bahan terapi bagi pasien covid 19,” kata Yudi.
Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh karyawan dan masyarakat disekitar RS Sari Asih Cipondoh. Kegiatan tersebut sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan darah sebab minimal harus tersedia sebanyak 1000 kantong darah.
“Stok saat ini tersedia 357 kantong darah,” kata Ade.
Ade mengatakan saat Ramadan pendonor berkurang dikarenakan sedang melaksanakan ibadah puasa. Sementara permintaan darah terus melonjak sehingga menyebabkan persediaan saat ini menipis.
“Usai Ramadan kami ajak masyarakat untuk kembali donor darah,” katanya.
Selain donor darah biasa pihaknya mengajak masyarakat penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Saat ini dari 400 pendonor telah didistribusikan plasma darah kepada 1729 pasien Covid-19.
“Permintaan plasma konvalesen juga tinggi dari RS ke PMI kendalanya ga banyak penyintas yang  mau mendonorkan plasmanya, sampai-sampai ada penyintas yang mendonorkan plasmanya lebih dari sekali,”kata dia.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.