Survei Median: Suara Jokowi Terus Melorot Menjadi 35 persen

1
Survei Median
Survei Median

Jakarta, Katakota.com — Hasil survei Media Survei Nasional (Median) menunjukkan suara Joko Widodo mengalami penurunan untuk maju dalam laga Pilpres 2019. Hal tersebut menurut Direktur eksekutif Median, Rico Marbun suara Jokowi mengalami penurunan dari 36,9% di April 2017, 36,2% di Oktober 2017, dan terakhir merosot menjadi 35% di Februari 2018.

“Karena suara Pak Jokowi secara konsisten mengalami penurunan dari bulan ke bulan. Sehingga secara konsisten mengalami lampu kuning dan secara konsisten menurun,” kata Rico dalam acara rilis survei Nasional ‘lampu kuning untuk Jokowi dan pergerakan suara para penantang’ di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (22/2).

Kemudian, dia juga mengatakan, terdapat 65% yang belum mau memilih Jokowi. Dan terdapat 35 persen yang memilih Jokowi. “21% memilih Prabowo dan 16,1% tidak memilih siapapun,” tambah Rico.

Hal tersebut, menurut Rico, ada beberapa faktor lantaran suara Jokowi terus merosot. Yaitu masalah kesenjangan ekonomi di Indonesia terdapat 15,6%. Kemudian harga kebutuhan pokok yang terus meningkat terdapat 13,1%, masalkan korupsi 10,1%, tarif listrik yang tinggi 9,7%. Hal tersebut kata Rico yang jadi alasan suara Jokowi terus merosot.

“Hal inilah yang jadi PR Jokowi yang menyebabkan suara Jokowi terus menurun,” kata Rico.

Tidak hanya suara Jokowi yang mengalami penurunan. Suara pesaingnya yaitu Prabowo Subianto juga terus menurun yaitu sekitar 21,2%. Rico juga mengatakan jika suara mereka berdua terus merosot hal tersebut bisa jadi menjadi lampu merah untuk mereka.

“Jika suara mereka terus menurun akan menjadi lampu merah untuk mereka berdua,” kata Rico.

Diketahui Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 1-9 Februari 2018, terhadap 1.000 responden yang telah memiliki hak pilih. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error 3,1 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber     : Merdeka.com

Uploader   : Cecep R,.Kk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.