Tiga Kampung Tematik Disiapkan jadi Kampung Digital

10
Dinas Kominfo Kota Tangerang melakukan survey tiga kampung tematik yang akan dijadikan kampung digital/ist

Dinas Kominfo Kota Tangerang melakukan survey di 3 lokasi kampung tematik yang akan dijadikan sebagai lokasi kampung digital.

Kasie tata kelola TIK pada Diskominfo, Hary De Supardi mengatakan, survey merupakan tindak-lanjut dari program Kampung digital yang dicanangkan Pemkot Tangerang.

Dalam survey tersebut mengikutsertakan akademisi yang telah bekerjasama yakni dari Universitas Bina Nusantara (Binus).

Adapun survey dilakukan untuk mengetahui kondisi tiga kampung tematik yakni kampung konsumsi Kelurahan Babakan, kampung gemas implan dan kampung harmonis di Kelurahan Gandasari. Lokasi ketiganya memiliki keistimewaan dikarenakan dikelilingi oleh tower BTS.

“Selanjutnya kami akan membuat proposal ke forum CSR untuk mengajukan CSR kepada pengelola BTS agar dapat menyediakan internet gratis di lokasi publik kampung-kampung tersebut,” ucapnya.

Hary menjelaskan, terdapat 8 Indikator Kampung Digital yakni pertama tersedia internet publik gratis (Wifi Corner). Internet gratis atau Wifi Corner dapat diupayakan oleh masyarakat di kampung tematik secara swadaya ataupun CSR perusahaan sekitar.

Kedua terlaksananya pelatihan berbasis IT secara berkelanjutan. Masyarakat setempat telah melakukan pelatihan berbasis IT secara berkelanjutan misalkan pelatihan vlogger, pelatihan digital marketing dan lainnya.

“Kemudian ketiga penggunaan aplikasi Pangkas secara aktif di RT-RW Kampung digital, Aplikasi Pangkas yang telah disediakan oleh Pemkot Tangerang untuk memudahkan kerja RT-RW dimanfaatkan secara aktif untuk membantu pembuatan surat pengantar, pendataan warga dan lainnya,”ujar dia.

Keempat penggunaan aplikasi layanan publik melalui aplikasi Tangerang LIVE. Masyarakat di Kampung tematik dapat memanfaatkan berbagai layanan di aplikasi Tangerang LIVE. Di mulai dengan mendownload dan menggunakan layanan sesuai keperluan.

Kelima memiliki program unggulan berbasis IT. Kampung digital memiliki program unggulan berbasis IT misalkan program pelatihan Vlogger yang berbeda dengan program kampung tematik lainnya.

“Keenam memiliki komunitas atau Relawan TIK, yakni masyarakat di Kampung digital membentuk komunitas atau relawan TIK untuk mengawal dan membina pelaksanaan kegiatan berbasis IT di Kampung digital,”papar dia.

Ketujuh penggunaan Media Sosial untuk Media Marketing kegiatan/produk dan pariwisata Kampung digital. Masyarakat Kampung digital memanfaatkan media sosial untuk publikasi kegiatan, publikasi dan pemasaran produk UKM unggulan dan publikasi kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata sehingga mendatangkan wisatawan ke kampung digital.

“Terakhir penggunaan pembayaran E-Payment di Kampung digital, Masyarakat Kampung digital dapat memanfaatkan E-Payment untuk berbagai kegiatan misalkan Iuran warga,kemudian juga  UMKM dan lainnya,”pungkasnya.(Adit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.