44 OPD Kota Tangerang Bangun Kampung Tematik

110
44 OPD Kota Tangerang Bangun Kampung Tematik,(adit/katakota.com)

Tangerang, Katakota.com– Walikota Tangerang Arief R Wismansyah telah mencanangkan program Kampung Kita disetiap RT/RW sebagai tindak lanjut dari keberhasilan lahirnya kampung tematik melalui cikal bakal Kampung PHBS.

Kampung Kita yang dicanangkannya tersebut merupakan kampung yang dilakukan penataan secara langsung oleh warga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membantu dalam melakukan pembinaan.

Dimana setiap bidang yang ada dari tiap – tiap OPD akan menggawangi sebuah konsep pembangunan di wilayah berbasis potensi yang dimiliki. “Sekarang pemkot mendorong tiap OPD untuk membina satu konsep wilayah. Misalnya kampung layak anak untuk DP3AP2KB, kampung aman dan tertib untuk satpol PP,” ujar Walikota.

Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) pun telah menyusun program terkait program tersebut dengan nama yakni Kampung Sejahtera.

Untuk mewujudkan hal itu pemerintah membangun berbagai kampung tematik di area pemukiman dengan di bantu langsung oleh masyarakat setempat. Kampung tematik yang ada di kota Tangerang salah satunya kampung bekelir, yang berhasil dikenal hingga mancanegara.

Sekertaris Dinas Pemukiman Dan Perumahan (Perkim) Maryono Hasan mengatakan, pembuatan konsep kampung tematik itu mengusung konsep yang bersih dan menjaga kesehatan, hal itu direalisasikan dengan di bangunnya beberapa fasilitas sanitasi.

“Dinas kami membuat konsep kampung tematik sesuai dengan program pemkot Tangerang yang ada pada bidang dinas kami” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, nantinya akan dibuat sarana dan prasarana seperti toilet umum, Sarana Air, septic tank komunal, toilet bersih, bedah rumah dan jamban.

Dibangunnya konsep kampung tematik seperti ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat agar terjaga nya kebersihan lingkungan sehingga tidak ada lagi yang melakukan buang air besar sembarangan sehingga terwujudnya kesehatan masyarakat.

“Dengan di buatnya konsep kampung seperti ini tidak hanya memberikan sarana tapi sekaligus mengajarkan masyarakat dan belajar untuk menjaga kebersihan apa yang sudah diberikan” ujar maryono. (dit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.