Demi Nyawa, Tegakan Prokes Hingga di Rumah Tangga

16
Foto : Istimewa

Tangerang – Lonjakan kasus konfirmasi covid19 terjadi di sejumlah daerah Indonesia. Sejumlah rumah sakit di daerah mulai kewalahan menangani pasien covid-19 bahkan mulai kekurangan tempat untuk rawat inap.

Mulai rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan diduga menjadi penyebab melonjaknya kasus positif covid akhir-akhir ini.

Juru bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr Reisa Kartikasari Broto Asmoro mengatakan, tidak ada jalan lain mencegah virus corona masuk ke tubuh selain dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan rutin. Lalu, jauhi kerumunan dan batasi keluar rumah bila tidak mendesak.

“Pastikan kita tetap memakai masker dengan benar, jaga jarak, jauhi kerumunan, dan kurangi mobilitas yang tidak mendesak, dan rajin-rajinlah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan,” tegasnya.

Sementara itu, pakar komunikasi dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing berpendapat ada dua hal yang harus dilakukan pemerintah dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus. Pertama, harus dilakukan strategi komunikasi yang intensif, masif, terstruktur, kreatif dan inovatif sehingga mampu merubah sikap dan perilaku masyarakat dalam melawan pandemi.

“Ini penting penanganan di hulu, kalau berhasil maka penanganan selanjutnya akan menurun. Rumah sakit tidak lagi akan penuh,”ujar Emrus saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (22/6).

Emrus melanjutkan, selain itu juga perlu pelibatan komunikologi dalam menyusun strategi komunikasi hingga eksekusi. Dengan begitu pola komunikasi yang tepat dalam membangun kesadaran dan perilaku masyarakat dapat terwujud.

Lebih jauh, Emrus mengatakan kondisi seperti saat ini diperlukan ketegasan pemerintah dalam menegakan aturan, bahkan jika perlu hingga di tingkat rumah tangga.

“Di rumah tangga banyak klaster rumah tangga, mengapa demikian, karena negara boleh masuk kesitu demi kepentingan nyawa, tegakan di semua tempat. Saya kita ini harus bersama-sama kita lakukan dan tegakan aturan itu tanpa pandang bulu,”tegasnya. (Eky/Katakota)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.