Kampung iklim di Gandasari hijaukan kawasan industri

4
Kampung iklim di Gandasari lakukan penghijauan di kawasan industri /dit

Rukun Warga (RW) 03 Kelurahan Gandasari Kecamatan Jatiuwung salah satu dari 9 RW di Kota Tangerang yang  meraih Penghargaan Sertifikat Proklim dengan kategori Utama Tahun 2020 dari KLHK. Penghijauan menjadi upaya warga setempat dalam beradaptasi dengan perubahan iklim.

 

Ketua RW O3 Cecep Haerudin menjelaskan, salah satu upaya warga dalam kampung iklim dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai sarana penghijauan yang hasil panennya dikelola kembali oleh warga setempat.

 

Apalagi diwilayah tersebut berada di kawasan industri sehingga penghijauan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan udara yang segar dengan adanya tanaman.

 

“Selain penghijauan di lahan kosong milik swasta yang telah diizinkan pemiliknya, warga juga menghijaukan rumahnya masing-masing dengan tanaman,” kata dia.

 

Kemudian, dalam kampung iklim warga juga sudah mulai menyadari akan pentingnya biopori sebagai penyerapan air  sehingga secara mandiri membuat lubang biopori. “Lingkungan kami ini lintasan banjir karena dilalui kali Sabi ,” ujarnya.

 

Prestasi sebagai Kampung Iklim menjadi semangat warga untuk terus menata sehingga memberikan manfaat bagi lingkungan.

 

“Penghijauan dikembangkan untuk lokasi ketahanan pangan, hasil panen dan bibit akan dikelola dan dibagikan kembali ke warga,” katanya.

 

Dalam mempersiapkan kampung Iklim pengurus RW 03 aktif melakukan penyuluhan kepada warga terkait pentingnya perbaikan lingkungan secara fisik dalam menghadapi perubahan iklim.

 

“Penyuluhan dengan memberikan contoh, memberikan pelatihan, dan bibit kepada masyarakat sebagai perangsang agar masyarakat lebih giat dalam menata lingkungannya,” ujar dia.

 

Kemudian setelah merasakan manfaat penyuluhan dan pelatihan dengan sendirinya masyarakat menyadari untuk mempraktikkannya di lingkungan masing-masing.

“Mempersiapkan kampung iklim bukan lama atau sebentarnya waktu namun seberapa giat dan kesungguhan para pengurus dan aparatur wilayah memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar sebab kampung iklim tak sekedar memperbaiki lingkungan melainkan juga untuk meningkatkan taraf kesehatan warga,” ujar dia.(Adit)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.