Libatkan Puluhan Seniman, UMT Akan Gelar Konser Musikalisasi Puisi

41

Tangerang,Katakota.com- Teater Cahaya Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) bersama komunitas Sitihinggil Benteng akan menggelar konser musikalisasi puisi bertajuk Turbulensi di Graha Bakti Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada 6-7 Oktober mendatang.

Konser tersebut berkolaborasi dengan seniman nasional diantaranya Amoroso Katamsi, Ken Zuraida, dan Jose Rizal Manua.

Wakil rektor UMT Desri Arwen mengatakan, konser tersebut sebagai wujud implementasi mahasiswa atas ilmu yang diterimanya di perkuliahan. Menurutnya puisi adalah rangkaian kata-kata indah. Ditambah musikalisasi untuk menghibur dan  mengabdi kepada masyarakat.

“Dalam konteks pendidikan dapat terkoneksi dengan kehidupan sehari-hari melalui pementasan,Ini merupakan bagian pengabdian UMT yang tercantum dalam catur dharma perguruan tinggi,” jelas Arwen

Sementara Sutradara konser Away Enawar mengatakan, konser melibatkan 50 orang seniman dengan masa persiapan selama empat bulan.

Turbulensi merupakan kumpulan sajak karya Away Enawar. Dari kumpulan sajak itu, sebelas sajaknya akan diolah secara kreatif menjadi musikalisasi puisi dan lakon dramatik yang  disusun-rangkai  secara  kronologi  tematik  sehingga  menjadi  alur  pertunjukan musical dramatic poetry.

“Karena itu, Konser Turbulensi yang akan kami persembahkan tak semata menghadirkan puisi dengan musikalisasi puisi-nya yang digelar secara orkestratif tapi menjadi Drama Musical karena memiliki rangkaian adegan/peristiwa dramatik yang dimainkan oleh beberapa aktor. Pada pola pendekatan orkestra yang kami tampilkan juga akan bernuansa etnik karena memadukan alat musik modern dengan gamelan dan unsur bunyi etnis lainnya dar khasanah seni budaya Indonesia,” paparnya.(ACW)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.