5 Potret Keakraban Jokowi dan Prabowo yang Bikin Adem

5
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto berbincang saat menyaksikan pencak silat Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (29/8). (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)
lebaran

Jakarta, Katakota.com – Partai final pertandingan pencak silat Asian Games 2018 menjadi momen kebakraban Jokowi dengan Prabowo Subianto. Kehangatan di depan publik diharapkan bisa membuat adem suasana jelang Pilpres 2019.

Belakangan, pendukung keduanya kerap terlibat ketegangan. Hal itu terjadi di media sosial maupun dunia nyata.

Sebenarnya, kedekatan Jokowi dan Prabowo bukan kali pertama ini tampak. Sudah beberapa kali mereka melakukan pertemuan dengan suasana yang sangat akrab.

Berikut keakraban Jokowi dan Prabowo, yang bikin Indonesia makin tentram:

Bertemu di Istana Bogor

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1/2015). Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kunjungan kali ini dilakukan Prabowo untuk membalas kunjungan Jokowi padanya. Dalam pertemuan itu, Prabowo mengatakan mendukung usaha bersama. “Saya menyampaikan komitmen saya untuk mendukung usaha bersama kita sebagai eksekutif, kami di luar eksekutif sama untuk membangun bangsa menjaga keutuhan bangsa dan memerangi kemiskinan.” kata Prabowo.

Dalam pertemuan itu pula, Prabowo dipilih kembali sebagai Presiden Federasi Pencak Silat Dunia. “Saya melaporkan baru saja dipilih kembali sebagai Presiden Federasi Pencak Silat Dunia, dan Indonesia kembali menjadi juara umum dan saya mohon agar beliau menerima federasi pencak silat, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia. Beliau berkenan untuk memberi waktu.” katanya.

Jokowi juga menjelaskan pertemuan keduanya yang singkat ini. “Tadi sudah disampaikan semua oleh Pak Prabowo. Saya kira pertama tadi beliau menyampaikan memberikan dukungan penuh kepada pemerintahan yang sekarang. Kedua, juga menyampaikan mengenai pencak silat seluruh Indonesia yang bulan Februari nanti akan bertemu dengan saya di Istana Negara” ungkap Jokowi.

Naik Kuda Bareng di Hambalang

Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersantai sambil menaiki kuda di halaman kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Keduanya usai melakukan pertemuan tertutup selama hampir 2 jam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kali ini Prabowo mengundang Jokowi untuk naik kuda di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, 31 Oktober 2016. Sebelumnya, mereka melakukan pertemuan tertutup selama dua jam. Keluar dari ruangan, Jokowi terlihat mengenakan topi koboi pemberian Prabowo. Ia langsung diarahkan untuk menaiki kuda putih bernama Salero.

Sementara Prabowo menaiki kuda berwarna coklat yang bernama Principe. Prabowo juga lalu diberikan topi koboi oleh salah seorang stafnya sehingga penampilannya serasi dengan Jokowi.

Tak terlihat adanya jarak antara mereka berdua. Bahkan mereka sempat mengeluarkan candaan di depan wartawan. Saat itu salah satu wartawan bertanya pada Jokowi, namun tak terdengar di kamera televisi. Akhirnya keduanya turun dari kuda.

“Beliau ini rupanya punya bakat naik kuda, soalnya beliau punya kelebihan badannya ringan, jadi kuda suka yang ringan-ringan,” kata Prabowo sambil tertawa.

Prabowo Gandeng Tangan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto (kiri) berbincang saat akan menyaksikan pencak silat Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (29/8). (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

Prabowo dan Jokowi hadir di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu (29/8) pukul 16.30 WIB untuk menyaksikan cabang olahraga Pencak Silat Asian Games 2018. Jokowi langsung disambut Prabowo yang lebih dulu hadir di sana.

Prabowo yang mengenakan pakaian silat serba hitam kemudian menggandeng Jokowi yang saat itu mengenakan kaos putih dan jaket merah. Jokowi kemudian duduk di antara JK dan Prabowo serta terlihat berbincang beberapa saat.

Kehadiran Prabowo dan Jokowi cukup mengejutkan lantaran keduanya merupakan dua calon presiden yang sudah mendaftarkan diri untuk Pilpres 2019.

Saling Berpelukan

Pesilat Hanifan Yudani Kusumah Satukan Jokowi dan Prabowo (vidio.com)

Momen yang satu ini yang paling akrab di antara momen lainnya. Setelah Hanifan Yudani Kusumah mendapat emas dalam final Indonesia vs Vietnam, Hanifan langsung berlari ke arah Jokowi dan Prabowo sambil membawa bendera. Ia langsung merangkul dan memeluk keduanya.

Prabowo mengaku merasa gembira saat berpelukan dengan Jokowi dan Hanifan. “(Soal pelukan?) perasaannya gembira dan kita satu keluarga,” kata Prabowo.

Meski berseberangan arah politik, lanjut Prabowo, siapa pun atas nama negara haruslah bersatu. Karenanya, dia menegaskan tidak ada perbedaan bila berjuang atas nama bangsa. “Jadi kalau sudah untuk negara dan bangsa kita semua bersatu tidak ada perbedaan,” tegas Prabowo.

Jokowi mengaku terkejut dan tak menyangka akan berpelukan dengan Prabowo. Menurutnya, pelukan itu dirasa seperti kemenangan.

 

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo) on

Jokowi tak menyiakan momen itu. Ia langsung mengarahkan kamera depan sambil berbicara dan mempersilakan Prabowo serta Wewey, yang berada di podium, ikut berbicara di depan kamera.

Sekarang vlog mereka bertiga bisa dilihat di akun Instagram Joko Widodo @Jokowi

 

Semuanya untuk Indonesia …

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Sumber  : Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.