Begini Laporan Unik di Tangerang LIVE Room

3
Petugas Tangerang LIVE Room /ist

Ada saja tingkah lucu masyarakat yang memanfaatkan layanan panggilan darurat 112 dan Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda atau disingkat LAKSA yang terintegrasi di ruang kendali Kota Tangerang LIVE Room (TLR).

Pengaduan dan panggilan darurat yang masuk pun langsung segera direspon dan ditindaklanjuti ke instansi terkait. Mulai dari urusan kesehatan, infrastruktur, pendidikan pelayanan di kantor pemerintah hingga kecelakaan lalu lintas.

Dari pengaduan dan panggilan yang masuk dari warga ada saja yang mengundang gelak tawa, contohnya dari salah seorang warga yang meminta pengangkutan sampah.

“Laporan yang masuk segera ditindaklanjuti dengan mengirim mobil sampah, namun ketika sampai lokasi sampahnya hanya satu plastik,” ujar Kepala UPT TLR, Ian Chavidz.

Tak hanya itu Tangerang LIVE Room juga menerima laporan pemindahan pot tanaman. Serupa dengan laporan pengangkutan sampah, Pot tanaman yang dipindah pun hanya satu buah.

Ian pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan pengaduan yang disediakan Pemkot dengan bijak. Menurutnya masyarakat dapat meningkatkan gotong royong untuk membantu menyelesaikan berbagai permalasahan di lingkungan.

“Kepedulian dan gotong royong masyarakat harus terus ditingkatkan jangan terus mengandalkan Pemerintah daerah, sebisa mungkin yang bisa dikerjakan dapat dikerjakan sendiri,” katanya.

Ian menambahkan personil Tangerang LIVE Room terdiri dari 15 petugas 112, Admin 5 petugas, Tenaga Harian 3 petugas, PNS 4 petugas , Admin OPD 4 petugas selalu siaga menerima laporan masyarakat. Laporan dan aspirasi masyarakat kemudian diteruskan ke dinas dan instansi terkait.

“Petugas memiliki shift kerja bergantian sehingga TLR siap siaga dalam menerima laporan masyarakat terutama laporan darurat yang masuk ke 112,” kata Ian

Dikatakannya, kesibukan dan penambahan petugas pernah dilakukan saat Kota Tangerang menghadapi kejadian banjir terutama di awal tahun 2020. Laporan dan panggilan darurat saat itu mencapai ribuan.

“Saat itu dilakukan penambahan petugas yang bersiaga bahkan personil yang sedang libur pun disiagakan. Upaya yang dilakukan oleh TLR dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.(did)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.