Berkunjung Ke Kampung Pinggir Kali di Kota Tangerang

5
Berkunjung Ke Kampung Pinggir Kali di Kota Tangerang,(adit/katakota.com)
lebaran

Tangerang, Katakota.com– Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sukses mengajak warga RT 03 RW 04 Kelurahan Pasar Baru berkomitmen menjaga lingkungan. Kini warga mengembangkan PHBS menjadi kampung tematik Pinggir Kali (Pingli).

Sekretaris RT 03, Muhamad Syahroni mengatakan, Kampung Pingli berawal dari program PHBS, Pemenuhan 10 indikator PHBS berhasil mengubah kondisi kampung yang sebelumnya kumuh dan tak terawat.

“Dimulai PHBS tahun 2017, dari tingkat Kelurahan, Kecamatan sampai tingkat Kota meraih prestasi, bahkan RT 03 pernah menjadi RT favorit dalam penilaian se Kelurahan ,”ujarnya.

Keinginan warga menjadikan lingkungan yang bersih dan nyaman tak hanya sekedar mengikuti PHBS namun ingin mempromosikan potensi kampung yang berada di pinggir Cisadane ini.

“Upaya dan keinginan warga sejalan dengan program Kampung tematik yang disosialisasikan oleh Pemkot Tangerang,” ujarnya.

Kampung Pingli pun terus berbenah menjadi kampung tematik yang layak huni dan layak dikunjungi. Dimulai dengan penataan sampah, kehadiran tanaman disetiap rumah sampai spot Selfi disudut lingkungan.

“Dahulu warga banyak yang buang sampah sembarangan terutama di pinggir kali, sekarang setiap rumah memiliki tempat pembuangan sampah ,”ujarnya.

Tak hanya itu, untuk pemanfaatan lahan kosong dan pekarangan rumah, ibu-ibu melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) aktif menanam tanaman sayuran dan obat-obatan, bahkan saat ini sedang menanam seribu bibit cabe. kWT yang terbentuk sampai saat ini berjumlah 3 KWT yang tersebar di Kampung Pingli ini

“Hasil panen pun dikelola bersama-sama untuk warga ,” kata dia.(dit/RIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.