Cerita Kampung Tematik Hadapi Pandemi : Jalankan Sigacor, Tak Ada Kasus Positif Covid-19

15
Pemerintah Kota Tangerang dua tahun terakhir menggencarkan program kampung tematik, tujuannya mengajak peran serta masyarakat peduli terhadap lingkungan yang sehat dengan mengangkat potensi yang dimiliki.
Program kampung tematik semakin berkembang dengan program kampung kita yang dijalankan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Tangerang.
OPD memiliki program kampung kita sesuai dengan tupoksinya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan kampung siaga bencana kemudian Satpol PP mengagas kampung tertib dan aman dan lainnya.
Saat ini meski pandemi Covid-19 masih berlangsung warga di Kampung tematik tetap eksis menjaga lingkungan tetap sehat termasuk mencegah penularan Covid-19.
Kegiatan warga di kampung inovasi hidroponik /foto istimewa
Warga di kampung tematik pun disiplin menerapkan protokol kesehatan yang disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Tangerang melalui 4M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.
Ketua RT 01 RW 02 kampung tematik inovasi Cimone, Suherman mengatakan, sejak pandemi berlangsung warga di kampung tematik mematuhi peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Tangerang.
Mulai dari Kampung Siaga Corona (Sigacor), Pembatasan Sosial Berskala Lingkungan (PSBL) hingga saat ini PPKM mikro dengan kolaborasi Kampung Sigacor dan Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang melibatkan unsur TNI dan Polri.
“Kami aktif menyampaikan informasi terbaru kepada warga, lalu rutin mendisinfektan lingkungan, membuat dan membagikan masker kain, juga melaksanakan lumbung pangan untuk membantu perekonomian warga yang terdampak Covid-19,” ujar Suherman.
Menurutnya, peran serta masyarakat sangat menentukan dalam keberhasilan program pemerintah. Dalam hal ini RT sebagai lingkungan terkecil melakukan upaya pencegahan Covid-19.
“Alhamdulilah warga di kampung inovasi masih diberikan kesehatan, sampai saat ini tak ada warga yang terpapar Covid-19,” ujar dia.
Terkait merawat lingkungan, Suherman menerangkan saat ini kegiatan tak melibatkan masyarakat banyak dan dilakukan secara bergantian. Warga lainnya diimbau untuk menjaganya minimal merawat lingkungan rumahnya masing-masing.
“Meski pandemi kampung kami tetap bersih, hijau dan asri,” tutur pria yang menjadi nominator penerima penghargaan Tangerang Awards kategori RT-RW inspiratif.
Suherman pun tak henti-hentinya secara door to door menyampaikan kepada warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.
“Kuncinya di protokol kesehatan dimanapun berada, agar tak ada klaster-klaster baru baik di perkantoran maupun lingkungan,” katanya.
Ketua RW 02 Dadan Gunawan menambahkan tak hanya di kampung inovasi namun warga di dua RT lainnya belum ditemui kasus positif Covid-19.
Satgas Covid-19 yang terbentuk telah berjalan sesuai fungsinya dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan.
“Alhamdulilah nol kasus,” ujarnya.
Sementara untuk penghijauan tetap berjalan namun dihandle oleh pengurus.
“Karena kegiatan dibatasi untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.(adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.