Di Soetta, PT AP II Akan Meniadakan Porter

86

Tangerang, KataKota.com – Mencuatnya kasus pembobolan tas penumpang pesawat oleh porter di sejumlah Bandar udara (bandara) membuat sejumlah otoritas terkait mengambil tindakan tegas. Karena hamper di setiap bandara kejadian seperti itu kerap kali terjadi.

PT Angkasa Pura (Persero) II selaku pengelola bandara dalam waktu dekat segera menerapkan sistem bagasi otomatis (baggage handling system) di semua terminal Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dengan diterapkannya penerapan baggage handling system automatic, secara otomatis jasa pengangkut barang (porter) di Bandara Soekarno-Hatta akan dihapus.

”Ini sebagai upaya jangka panjang untuk mencegah terjadinya pendodosan tas penumpang oleh porter yang selama ini kerap terjadi,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Agus Haryadi dikutip dari tempo.co.

BHS yang akan diterapkan di Soekarno-Hatta, menurut Agus, seperti yang diterapkan di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, dan bandara di Balikpapan. BHS merupakan teknologi penanganan bagasi otomatis yang memiliki tingkat pendeteksi keamanan tertinggi (Level 5). Teknologi ini memungkinkan penumpang melakukan pendaftaran bagasi di konter mana pun tanpa takut barangnya tertukar jadwal penerbangan.

”Akan dimulai pada Terminal 3 Ultimate yang akan dioperasikan pertengahan 2016 mendatang,” kata Agus. Terminal 1 dan 2 akan segera menyusul setelah dilakukan revitalisasi total. (Eq/Chy)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.