Harumnya Usaha Laundry Satu Hari Jadi

13
Harumnya Usaha Laundry Satu Hari Jadi,(adit/katakota.com)
lebaran

Tangerang, Katakota.com– Tren gaya hidup yang sedang berkembang di masyarakat dapat menjadi peluang usaha jika dimanfaatkan dengan baik.

Seperti yang dilakukan oleh Supardi warga Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci yang membuka usaha jasa pencucian pakaian atau laundry dengan omzet mencapai 75 juta perbulan.

“Awalnya melihat gaya hidup masyarakat yang terkendala waktu ataupun ingin praktis dalam kebutuhan cuci pakaian,” ujar Supardi.

Kondisi itu dimanfaatkan Supardi membuka jasa laundry dengan model perkilogram dan satuan dengan layanan satu hari selesai . Tak hanya pakaian, laundry juga menerima jasa mencuci karpet, boneka, bed cover dan lainnya.

“Awal memulai usaha 2013 bermodalkan 30 juta yang dipergunakan untuk membeli perlengkapan berupa mesin cuci 2 unit, pengering 1 unit, boiller 1 unit dan strika 2 unit, dengan jasa perhari 20-30 kilogram tanpa adanya tenaga kerja

Lanjutnya saat memulai usaha laundry menerima jasa mencuci sebanyak 20-30 kilogram. Laundry pun dikelola berdua dengan istrinya tanpa kehadiran tenaga kerja.

Semakin sibuk dan malasnya orang mencuci pakaian semakin membawa dampak bagi usaha laundry yang diberi nama Rodza ini. Kini jumlah nya pun meningkat perharinya mencapai 400 kilogram.

Saat ini laundry Rodza mendapatkan omzet perbulan mencapai 75 juta dengan tenaga kerja 16 orang, serta penambahan alat yakni 7 unit mesin cuci, 4 unit pengering, 1 unit mesin karpet dan 4 unit boiler.

Usaha Laundry Ramah Lingkungan

Usaha laundry Rodza yang dijalankan Supardi ramah lingkungan, Salah satunya penggunaan kertas sebagai pengganti plastik untuk membungkus pakaian yang telah selesai dicuci.

“Kertas koran sebagai pengganti plastik upaya mendukung usaha ramah lingkungan, serta dalam rangka go green mengurangi penggunaan plastik,” kata Supardi.

Menurutnya, kertas memiliki bahan antioksidan yang bermanfaat dalam menyerap uap panas pakaian setelah disetrika. Sehingga pakaian yang dicuci tetap wangi.

“Selain kertas kami juga menggunakan setrika uap sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat energi,” ujarnya.

Kelebihan yang dimiliki usahanya itu mengundang pelanggan dari berbagai wilayah diantaranya Kabupaten Tangerang dan Tangsel. Pelanggannya pun mulai orang biasa dan pejabat yang mencucikan jas ataupun pakaian dinasnya.(Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.