Ingat, 5 Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Sahur

6
5 Makanan dan minuman ini harus dihindari saat sahur

Katakota.com — Selain menunaikan ibadah, bulan Ramadan bisa juga dijadikan waktu yang tepat memulai pola makan yang sehat. Salah satunya, dalam urusan memilih makanan yang masuk ke tubuh saat sahur.

Dengan adanya jadwal sahur dan berbuka, kita bisa mengondisikan tubuh untuk mendapat asupan nutrisi dan energi dengan cukup secara rutin. Meski mungkin di awal-awal puasa tubuh akan terasa lemas, tapi bila kita bisa lebih teliti memilih dan memilah makanan untuk dikonsumsi saat sahur dengan baik maka tubuh justru bisa mendapat lebih banyak manfaat sehatnya.

Untuk sahur kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan protein. Porsi yang dikonsumsi pun jangan sampai berlebihan atau membuat kita terlalu kekenyangan. Bukan banyaknya makanan yang harus kita utamakan, tapi kandungan dan nutrisinya yang perlu kita perhatikan.

Agar puasa seharian selama bulan Ramadan 2018 ini tubuh tidak mudah lemas atau lapar, sebaiknya hindari jenis-jenis makanan dan minuman ini saat sahur. Selengkapnya, yuk kita bahas di sini:

Makanan berminyak harus dihindari saat sahur
1. Makanan berminyak

Gorengan sebaiknya dibatasi atau tidak perlu dikonsumsi untuk sahur. Kenapa? Karena makanan berminyak bisa membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih keras dan membuat tubuh jadi gampang capek.

Saat puasa, tubuh akan berusaha untuk membuang racun tapi kalau yang kita konsumsi saat sahur terlalu banyak mengandung minyak makan kinerja tubuh untuk detoksifikasi tubuh akan kurang efektif.

5 Makanan dan minuman ini harus dihindari saat sahur
2. Minuman yang mengandung gula pasir

Saat berbuka puasa memang disarankan untuk mengonsumsi yang manis-manis. Namun, untuk sahur sebaiknya tidak minum minuman yang mengandung gula pasir, seperti teh manis saja.

Ada baiknya untuk mengonsumsi buah segar seperti apel dan pisang atau minum jus buah yang memiliki kandungan pemanis alami. Tubuh pada dasarnya membutuhkan glukosa dan fruktosa (bukan cuma sukrosa) agar bisa mendapat energi yang cukup untuk puasa seharian.

3. Makanan dengan kandungan lemak jenuh

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebagai gantinya, bisa konsumsi makanan yang kaya protein atau mengandung lemak sehat.

Dilansir dari healthymuslimah.com, jenis protein yang baik dikonsumsi saat sahur antara lain telur, ikan, dan kacang almond. Sementara makanan yang mengandung lemak sehat untuk dikonsumsi saat sahur, beberapa di antaranya adalah buah alpukat, ikan salmon, dan aneka kacang-kacangan seperti almond dan kenari.

4. Makanan pemicu asam lambung

Makanan yang terlalu pedas dan asam sebaiknya dihindari saat sahur. Karena makanan tersebut dikhawatirkan malah memicu asam lambung dan mengganggu sistem pencernaan. Minuman berkafein pun sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.

5. Makanan pemicu gas

Buah nangka, durian, dan minuman bersoda juga sebaiknya dihindari saat sahur. Jadi sebaiknya memang harus lebih selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi saat sahur.

Disertai niat kuat untuk beribadah, puasa selama bulan Ramadan 2018 kali ini bisa membuat tubuh terasa lebih sehat saat diimbangi dengan menjaga pola makan yang baik.

Makan sahur dan berbuka secukupnya dengan menu yang sehat dan bernutrisi, yakin deh puasa seharian nggak akan gampang lemas atau lapar lagi.

 

Sumber    : Merdeka.com

Uploader  : Cecep R./Qy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here