Ini Alasan Mengapa Baju Dokter Identik dengan Warna Putih

4
Putih identik dengan pakaian dokter (Foto: Pixabay)

Katakota.com, -Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan profesi dokter. Setiap memiliki keluhan pada kesehatan, pasti Anda akan mengunjungi klinik, puskesmas maupun rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan intensif.

Dari sekian banyak klinik, puskesmas dan rumah sakit yang Anda kunjungi, tentu ada satu hal yang terlihat sama dan tidak lepas dari dunia kesehatan. Jika diperhatikan, sebagian besar staff yang ada di rumah sakit, klinik maupun puskesmas pasti mengenakan seragam berwarna putih.

Pernahkah Anda berpikir mengapa mereka memilih pakaian berwarna putih untuk dikenakan, padahal masih ada beberapa warna lain yang lebih keren dan terlihat lebih bergaya saat dikenakan?

Ternyata baju/jas dokter yang berwarna putih bukan semata untuk keperluan fashion atau sekadar mempermanis penampilan. Terdapat banyak alasan dan makna yang terkandung di balik seragam putih yang dikenakan oleh dokter dan staff medis lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan mencoba membahas mengenai alasan utama kostum putih yang dikenakan oleh para dokter dan beberapa staf medis.

Sebagaimana diketahui pekerjaan menjadi seorang dokter tersebut tidaklah mudah. Butuh ilmu tingkat tinggi dan juga pengalaman di bidang kesehatan agar bisa menyembuhkan pasien dengan baik dan benar.

Oleh sebab itu setiap dokter dituntut untuk melakukan pekerjaannya dangan hati yang bersih dan ikhlas. Makna itulah yang tertuang jelas dalam warna putih pakaian dokter.

Selain itu jas putih juga telah menjadi sebuah tanda pengenal yang akan menunjukkan identitas seorang dokter di hadapan masyarakat. Selain itu ada pula beberapa aspek yang dipertimbangkan terhadap pemilihan warna putih pada pakaian dokter.

Secara psikologis, warna putih memiliki energi positif dan memiliki sifat menenangkan bagi setiap pasien. Warna putih juga melambangkan dengan kemurnian, kesucian dan kebaikan, mengingat profesi sebagai seorang dokter merupakan profesi mulia bagi orang lain.

Pada bidang kesehatan sendiri, warna putih dianggap sebagai sebuah hal yang bersih dan steril. Oleh sebab itu warna inilah yang menjadi pakaian utama dokter hingga saat ini.

Sumber : Okezone

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.