Ketahanan pangan ala kampung tematik, penuhi kebutuhan dari kebun

2
Warga di Kampung Inovasi Cimone Kecamatan Karawaci/ist

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan warga di Kampung tematik untuk beraktivitas terutama upaya memenuhi ketahanan pangan. Seperti yang dilakukan warga kampung Inovasi yang berada di RT 01 RW 02 Kelurahan Cimone Kecamatan Karawaci.

Suherman selaku ketua RT 01 mengatakan, kondisi pandemi warga di Kampung Inovasi tetap melakukan kegiatan bercocok tanam yang sudah menjadi ciri khas sejak awal berdirinya kampung tematik tersebut. Terlebih saat ini Pemkot Tangerang menggalakan program ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disaat pandemi.

“Panen sayuran dibagikan untuk dikonsumsi warga sehari-hari, sayurannya antara lain kangkung, bayam, pakcoy, kembang kol, tomat cabe dan lainnya,” ujar dia.

Warga Kampung Inovasi Cimone Kecamatan Karawaci saat panen hasil kebun/ist

Kemudian selain sayuran, warga setempat juga melakukan budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal. Sama halnya dengan bercocok tanam sayur-mayur, hasil panen ikan lele dibagikan kepada warga sekitar serta dikelola untuk pembibitan berikutnya.

Tak hanya ikan lele, di kala pandemi warga kampung inovasi juga melakukan budidaya ikan cupang untuk menopang perekonomian warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ikan cupang dikelola pemuda yang terkena PHK, selain penjualan secara langsung budidaya ikan cupang juga dipasarkan melalui online,” katanya.

Dikatakannya, budidaya ikan cupang dipelajari oleh pemuda kampung inovasi secara otodidak melalui media sosial. Selain itu juga mempelajari dari rekan pemuda karang taruna di wilayah Kota Tangerang yang telah sukses menjadi pengusaha ikan cupang. (Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.