Kisah petugas Damkar BPBD dari padamkan api hingga lepas cincin

2
Petugas Damkar BPBD saat simulasi bencana/ris

Tugas Damkar BPBD selama ini identik dengan memadamkan api dalam bencana kebakaran baik di rumah maupun pabrik.  Dibalik itu juga harus memastikan tak ada potensi api yang muncul kembali paska pemadaman.

“Setelah padam tetap bersiaga mengantisipasi potensi adanya api terutama kalau kejadiannya banyak benda-benda mudah terbakar,’ ujar Rana Rahdiana selaku kepala UPT Damkar Cibodas.

Salah satu pengalaman menarik petugas BPBD saat melakukan pemadaman di pabrik kimia. Konsentrasi petugas terbelah sebab selain memadamkan api juga mengantisipasi yang berasal dari terbakarnya bahan kimia.

“Petugas bertaruh nyawa bagaikan memadamkan bom yang siap meledak,” ungkapnya

Lanjutnya, petugas Damkar BPBD tak hanya melaksanakan tugas pemadam kebakaran dan bencana namun juga kejadian lainnya yang membutuhkan pertolongan segera serta dilakukan oleh petugas yang telah berpengalaman.

“Kita pernah menerima laporan adanya kucing yang terjebak diatas pohon setinggi lima meter, lalu kami evakuasi, kemudian juga kucing terjebak didalam saluran air,” kata dia.

Selain itu juga pernah menerima evakuasi cincin yang tak bisa lepas dari tangan. Bahkan warga yang datang dengan cincin terpasang di lima jarinya.

Rana Rahdiana selaku kepala UPT Damkar Cibodas Kota Tangerang/dit

“Sebelum kami evakuasi warga sudah ke Puskesmas untuk cek kesehatannya lalu oleh petugas cincin dipotong dengan mesin gerinda kecil,” terangnya.

Kemudian juga yang sering kejadian di masyarakat yakni penanganan sarang tawon. Biasanya laporan pertolongan diterima setelah warga mengalami kejadian disengat oleh lebah.

“Rata-rata evakuasi tawon di Masjid, sekolah, juga di rumah warga, kami evakuasi agar tak timbul korban akibat sengatan lebah,” ucap dia.

Lalu disaat pandemi covid-19 saat ini, petugas Damkar BPBD juga tak hanya menunggu adanya kejadian kebakaran ataupun bencana lainnya namun juga rutin melakukan disinfektan sarana umum di Kota Tangerang seperti taman, Masjid, Terminal Poris Plawad dan Stasiun Tangerang.

“Pada dasarnya petugas bersiaga dan bertugas di berbagai kondisi, contohnya saat disinfektan di taman Gajah langsung menuju pabrik yang terbakar di kawasan Tangerang,” katanya. (Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.