KPU Kota Tangerang Soft Launching Aplikasi Sipil

54
Soft launching sistem informasi pemilih,(adit Katakota.com)

Tangerang, Katakota.com– KPU Kota Tangerang menggelar soft launching Sistem Informasi Pemilih ( Sipil) Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018, Senin (19/3) di Aula KPU Kota Tangerang.

Akademisi, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda turut serta memberikan saran masukan dan pendapatnya sebelum aplikasi tersebut resmi diluncurkan.

Komisioner KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, dalam fitur aplikasi web sipil.kpu-tangerangkota.go.id memuat tiga menu utama yakni data pemilih,masyarakat dapat memeriksa namanya dalam daftar pemilih.

“Jika tidak ada bisa mengkonfirmasi langsung melalui aplikasi,” ujar Syailendra.

Kemudian menu peta Kota Tangerang yang dilengkapi dengan titik kordinat 3091 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Serta menu terakhir adalah tata cara memilih dengan hanya satu pasangan calon.

“Dengan satu pasangan calon maka kami informasikan cara memilihnya,”kata dia.

Aplikasi Sistem Informasi Pemilih melalui web Sipil.kpu-tangerangkota.go.id

Sipil juga dilengkapi dengan menu perolehan suara pada Pilkada 27 Juni mendatang. Informasi akan disajikan secara lengkap mulai dari rekapitulasi tingkat TPS sampai KPU.

“Masyarakat jadi bisa mengetahui jumlah perolehan suara saat Pilkada nanti,” katanya.

Syailendra mengungkapkan Sipil merupakan aplikasi kedua yang dimiliki oleh KPU Kota Tangerang setelah sebelumnya melaunching Sistem Verifikasi Keuangan (Siverik).

“Di Banten dari empat Kabupaten Kota, Kami yang pertama menggagas aplikasi ini sebagai bentuk transparansi kinerja KPU kepada masyarakat,”ucapnya.

Ia berharap masukan dan saran dari masyarakat dalam soft launching ini menyempurnakan aplikasi Sipil sebelum nantinya di launching.

“Kami terus mengembangkan sistem ini terlebih setelah Pilkada ada Pileg dan pilpres,agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan dalam pesta demokrasi tersebut,” pungkasnya.

Ketua Panwas Kota Tangerang, Agus Muslim mengapresiasi soft launching aplikasi Sipil, Ia berharap setelah diluncurkan harus disosialisasikan dan diinformasikan kepada masyarakat.

“Kami apresiasi adanya aplikasi Sipil, sebab Keterbukaan informasi perlu disampaikan kepada masyarakat, apalagi sekarang semakin mudah dengan penggunaan teknologi informasi,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.