Lorong Anggur Raih Juara Pertama Lomba Kampung Tematik Kategori Pratama

34
Lorong Anggur juara pertama kampung tematik kategori pratama tahun 2021/istimewa

Kampung Lorong Anggur Kelurahan Nusa Jaya Kecamatan Karawaci meraih juara pertama Kampung tematik 2021 untuk kategori pratama.

Ketua RT 05 RW 04 Pian mengatakan Kampung tematik lorong anggur berawal dari keinginan warga untuk menjadikan jalan H. Rain menjadi jalan yang bersih, asri, indah dan aman. Dengan swadaya mengumpulkan anggaran yang diperoleh dari warga setempat,

Lorong Anggur mulai dibangun dengan material yang masih terbatas. Perawatan terus dilakukan oleh warga agar pohon anggur terus tumbuh dan menghasilkan kualitas anggur yang baik.

Kegiatan warga di kampung Lorong Anggur Kelurahan Nusa Jaya Kecamatan Karawaci/ foto istimewa

“Pembuatan lorong anggur ini bukan berdasarkan perlombaan tapi kesadaran warga menjadikan lingkungannya indah, hijau,aman nyaman serta bertujuan meningkatkan semangat gotong royong, dan perekonomian warga,”ujar pria yang juga pengagas kampung Lorong Anggur ini.

Dikatakannya, rancang bangun dimulai dengan pembibitan anggur, membangun lorong anggur,pembudidayaan pohon anggur dengan metode grafting anggur import, kemudian melakukan pengecatan tembok menjadi lebih berwarna.

“Selain itu warga juga menurap saluran air,meninggikan jalan secara swadaya agar tidak banjir dan becek, membuat jaring sampah agar sampah warga tidak mengotori sungai Cisadane,membuat pos penjagaan, membuat pojok baca dan menerapkan PHBS.

Kemudian strategi dan upaya pengembangan terus dilakukan seperti membuat keripik daun anggur, membuka penjualan secara online, menambah koleksi varietas bibit anggur import atau yang belum dijual dipasaran. “Grafting import saat ini sudah ada 17 varian anggur,” katanya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.