Melihat Anak-anak Pejuang Thalasemia di Hari Anak Nasional

6

Tangerang – Semua orangtua pasti ingin melihat anaknya tumbuh sehat seperti kebanyakan anak pada umumnya. Namun, tidak demikian dengan orangtua yang memiliki anak dengan kelainan darah, biasanya disebut pejuang Thalasemia.

Dr Udjiani Edi Pawitro, SpA. yang bertugas di ruang Thalasemia RSUD Kabupaten Tangerang menjelaskan ada sekitar 504 orang yang mendapatkan perawatan di rumah sakit. “Ada sekitar 120 orang dewasa dan sisanya merupakan anak-anak,” ungkapnya saaat ditemui di rumah sakit, Kamis (23/7).

Ia mengungkapkan, pejuang Thalasemia menyesuaikan berat ringan kondisi harus mendapatkan transfusi darah pada setiap waktu tertentu. Adapun untuk gejala yang biasanya ditunjukan oleh anak pejuang Thalasemia yakni mereka memiliki wajah yang pucat dan hemoglobin yang rendah.

“Mereka harus menajalni transfusi darah seumur hidup. Untuk berapa lamanya tergantung, ada yang satu bulan sekali, tergantung berat dan jenis penyakitnya,” terangnya.

Diakuinya penyakit thalesmia akan diderita orang sejak masih kecil, karena memang menjadi penyakit gen bawaan dari orangtuanya. Untuk itu harus ada upaya memuts mata rantai sehingga penyakitnya bisa hilang.

“Upaya memutus mata rantai thalasemia itu bisa dilakukan dengan upaya skrining. Kalau bisa mereka menikah dengan yang bukan pembawa sehingga anaknya berpotensi tidak meneruskan gen nya,” ujar Udjiani.

Sementara itu, pantauan penulis di ruang thalesmia RSUD Kabupaten Tangerang terlihat belasan anak yang menghabiskan waktu transfusi dengan bermain gawai. Sejumlah anak juga terlihat ditemani oleh orangtuanya.

Salah seorang anak sebut saja Dewa, yang berasal dari Pakuhaji sudah menghabiskan waktunya sekitar dua jam dalam proses transfusi darah itu. Sesekali ia terlihat berbicara dengan ibu nya yang ada di sebelahnya dan juga memainkan gawai yang dibawa olehnya untuk menonton hiburan. (Eky F.)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.