Nutrisi cukup mencegah anak dari berbagai penyakit

5
Dokter spesialis anak RS. Sari Asih Cipondoh, dr. Bonnie Arseno, SpA/ist

Dokter spesialis anak RS. Sari Asih Cipondoh, dr. Bonnie Arseno, SpA, mengatakan, ada sejumlah nutrisi bagi anak yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuhnya dalam mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Dikatakannya, di masa pandemi ini, kesehatan tubuh sangat diperlukan. Dengan imunitas yang baik, dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Pertama adalah protein yang penting untuk memastikan kecukupan asupan bagi anak. Protein memiliki banyak fungsi untuk tubuh mulai dari sumber energi hingga mendukung sistem kekebalan tubuh.

“Sistem imunitas merupakan hasil kerjasama rangkaian sel, jaringan, protein dan organ tubuh. Angka asupan protein anak pun bergantung dari usia misalnya usia balita sebanyak 10 gram per hari, remaja 19-34 gram per hari sedangkan remaja laki-laki sebanyak 52 gram per hari dan remaja perempuan 4 gram per hari,” paparnya.

Dikatakannya, protein bisa diperoleh dari makanan laut, daging ayam tanpa lemak, daging dan telur.

“Bahan pangan nabati pun banyak yang mengandung protein seperti, kedelai dan kacang polong,” ujarnya.

Kemudian agar kekebalan tubuh tetap sehat, sebaiknya penuhi kecukupan vitamin A pada anak. Vitamin A berperan dalam melindungi organ-organ tubuh juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih. Sel darah putih inilah yang menangkap bakteri dan patogen dalam darah.

“Vitamin A melindungi sel-sel di saluran pernapasan sehingga enggak gampang infeksi, asupan vitamin A bisa diperoleh dari wortel, kangkung, brokoli, paprika merah, bayam dan ubi jalar,” ujar dia.

Lalu mengkonsumsi vitamin E juga penting untuk daya tahan tubuh. Vitamin ini memiliki fungsi antioksidan yakni, menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu vitamin E juga melindungi tubuh dari serangan penyakit.

“Anak mesti memenuhi kebutuhan vitamin E sebanyak 4-11 miligram. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E anak, dapat terpenuhi melalui konsumsi almond, bayam, alpukat, brokoli, mangga dan tomat,” terangnya.

Lanjutnya, vitamin C jadi salah satu nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari karena memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

“Anak usia di atas satu tahun perlu asupan vitamin C sebanyak 40-45 miligram, sedangkan remaja di atas 12 tahun perlu paling tidak 65-90 mili gram per hari. Penuhi kebutuhan vitamin C anak dengan konsumsi jambu biji, jeruk, pepaya, juga sayuran seperti cabai merah, brokoli, kembang kol, dan bayam,” ungkapnya.

Terakhir vitamin D penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Vitamin D bisa diperoleh dari konsumsi minyak ikan, telur, sereal dan susu.

Indonesia beruntung jadi negara tropis yang kaya akan sinar matahari sehingga pemenuhan kebutuhan vitamin D cukup dengan berjemur.

“Sebaiknya berjemur di jam 9-11 siang selama lima hingga sepuluh menit cukup buat anak,” katanya.(did)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.