Panwaslu Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Lakukan Pengawasan Partisipatif

5
Panwaslu ajak seluruh element masyarakat untuk lakukan pengawasan partisipatif,(adit/Katakota.com)

Tangerang, Katakota.com – Untuk meningkatkan pengawasan partisipatif pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tahun 2018, Panwaslu Kota Tangerang mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama – sama mengawal jalannya proses kepemiluan.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Days Suite, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa, (15/5).

“Sosialisasi pengawasan partisipatif ini untuk meningkatkan peran dan kegiatan pengawasan di lapangan,” ujar Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim.

Menurutnya, adanya keterbatasan jumlah tenaga wilayah dengan luasnya area pengawasan, maka untuk mendukung itu semua, pihaknya menekankan strategi pendamping wilayah.

“Panwascam harus memiliki keberanian wilayah, harus tahu seluk beluk tentang kepemiluan di wilayah kecamatan.Begitu juga dengan PPL harus tahu seluk beluk kepemikuan di tingkatan Kelurahan,”ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Komisioner Panwaslu Kota Tangerang, Heri Handani, menurutnya peran pengawas partisipatif diantaranya ikut memantau melaksanakan Pemilu untuk memastikan pemilu berlangsung sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

“Bisa saja nanti melakukan kajian terhadap persoalan-persoalan kepemikuan, ikut mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu sesuai dengan peran sosialnya masing – masing,”jelas Heri.

Selain itu, tugas lainnya yaitu menyampaikan laporan pelanggaran Pemilu dan menyampaikan informasi dugaan pelanggaran Pemilu.

“Jika semua itu dilakukan, insyallah bisa mendukung terciptanya ketaatan peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,”tutupnya.

Staf Pelaksana Teknis Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Endang JP memyatakan, apapun potensi pelanggarannya, semua harus bisa mencegah, karena menurutnya jika muncul pelanggaran maka akan banyak masalah.

“Belum dampak hukumnya, dampak sosiologisnya, nah harus dikedepankan pencegahannya,”katanya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh masyarakat yang terdiri dari mahasiswa, organisasi kepemudaan ikut memantau pelaksanaan Pemilu untuk memastikan pemilu berlangsung jujur, adil dan bermartabat.

“Kalau ada dugaan pelanggaran segera laporkan ke Panitia Pengawas kecamatan,”tutupnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here