Periode Pertama Arief-Sachrudin Berhasil Jadikan Tangerang Kota Terbersih

11
Periode Pertama Arief-Sachrudin Berhasil Jadikan Tangerang Kota Terbersih,(adit/katakota.com)

Tangerang, Katakota.com – H. Arief R. Wismansyah dan H.Sachrudin dilantik sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang periode jabatan 2018 – 2023 oleh Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Kota Serang, Rabu (26/12). Dalam periode pertama keduanya memiliki sejumlah prestasi salah satunya merubah Stigma kota terkotor yang pernah melekat di Kota Tangerang kini telah berubah bahkan menjadi kota terbersih dengan raihan Penghargaan Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Pada tahun 2017, Kota Tangerang kembali penghargaan Adipura Kencana untuk yang kedua kalinya. Penghargaan dalam bidang lingkungan itu diberikan kepada kota yang berhasil menyelesaikan masalah kebersihan di daerahnya.

Penghargaan Adipura telah diraih Kota Tangerang sejak tahun 2011 hingga 2017. Puncaknya yakni pada tahun 2013 dan 2017 dengan raihan Adipura Kencana. Namun, penghargaan tersebut bukan berarti menghentikan program pengelolaan lingkungan di kota seribu industri dan sejuta jasa tersebut.

Tetapi inovasi harus terus dilakukan, apalagi jumlah pertumbuhan penduduk yang berdampak pada bertambahnya sampah yang dihasilkan pun harus diselesaikan. Partisipasi warga dalam pengelolaan sampah adalah modal awal untuk menjaga kebersihan kota ini.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pengelolaan sampah menggunakan teknologi ramah lingkungan saat ini sedang disiapkan.

Ditunjuknya Kota Tangerang oleh pemerintah pusat dalam penerapan teknologi ramah lingkungan untuk pengolahan sampah menjadi energi baru terbarukan, adalah motivasi untuk mewujudkan kota bersih.

Maka itu, ini harus didukung oleh masyarakat yang juga memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungannya. Program seperti Kampung PHBS, Kampung Tematik, kampung Hijau dan lainnya adalah gerakan untuk membangun kota ini melalui kreatifitas.

“Warga yang kini sudah banyak mengolah sampah menjadi produk bernilai dan kompos adalah bagian dari awal untuk mengurangi pembuangan sampah ke TPA Rawakucing,’ ujarnya.

Lanjutnya di periode kedua, Pasangan yang diusung oleh 10 partai politik parlemen dan 2 non parlemen itu mengusung visi misi Tangerang 2.0.Adapun program yang dijalankan akan memprioritaskan pembangunan yang menjurus dan tepat sasaran serta berpusat pada persoalan perkotaan, Masalah pengangguran dan kemiskinan pun tak luput dari Visi Misi Tangerang 2.0 lewat Program Kampung Kita.

“Nanti menukik kebawah. Bersama Pak Sachrudin dan teman-teman OPD agar masyarakat bukan hanya jadi objek tapi subjek solusi pembangunan Kota Tangerang yang berkelanjutan,” paparnya.(Dit/8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.