Rampak Bedug Meriahkan Pembukaan Humafest 2019

14
Humafest 2019 resmi dibuka bersama wakil PMI Ibrohim, Disbudpar dan LPP, (Ccp/katakota.com).
lebaran

Katakota.com, -Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menggelar Festival Kemanusiaan atau Humanity Festival (Humafest) dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74 PMI.

Pembukaan Humafest di Atrium Tangcity Mall, Cikokol, Kota Tangerang berlangsung meriah dengan penampilan kesenian tradisional, yakni rampak beduk, Senin (21/10/2019).

Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Kota Tangerang Ibrohim mengatakan, Humafest diselenggarakan untuk menyemarakkan aksi peduli kemanusiaan kepada masyarakat.

“Kehadiran PMI tak hanya sekadar donor darah, tapi kami juga berkonsentrasi terhadap penanggulangan bencana dan aksi-aksi kemanusiaan,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, Humafest juga digelar sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahmi antar organisasi kemanusiaan untuk memaksimalkan pelayanan sosial kepada masyarakat.

“Kami berharap PMI dapat bersinergi dengan stakeholder serta membantu program pemerintah yang lebih peka terhadap sisi kemanusiaan,” katanya.

Pembukaan Humafest berlangsung meriah. Penampilan rampak bedug dari warga binaan LPP Kelas IIA Tangerang turut mencuri perhatian pengunjung Tangcity Mall.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rina Hernaningsih yang turut hadir membuka acara ini mengapresiasi penampilan kesenian dari warga binaan LPP.

“Acara hari ini bagus ada budayanya. Di sini ada binaan LPP yang menampilkan kesenian. Jadi, lapas tak hanya sekadar di dalam (penjara) tapi ada kegiatan kebudayaan yang bisa diperkenalkan ke luar lapas,” ucapnya.

Rina menuturkan, kehadiran PMI sangat berperan dalam kehidupan sosial. PMI juga menyukseskan ragam acara yang diselenggarakan Pemkot Tangerang. Ia menyebut, PMI selalu hadir ketika pihaknya menggelar festival untuk tetap bersiaga membantu bila terjadi hal-hal kedaruratan.

“PMI waktu Festival Cisadane membantu kami, setiap ada kegiatan di Disbudpar membantu kami. Jadi, bukan hanya donor darah, tapi juga membantu kalau ada kegiatan-kegiatan. Sangat berperan sekali,” tuturnya.

Kepala LPP Kelas IIA Tangerang Herlin Candrawati juga menyampaikan terima kasih karena warga binaannya dilibatkan untuk penampilan rampak bedug dalam acara pembukaan Humafest.

“Terima kasih telah memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk tampil. Ini sebagai bentuk asimilasi warga binaan dengan masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, warga binaannya kerap tampil dalam berbagai even. Ia berharap penampilan kesenian warga binaan dapat merubah stigma negatif menjadi positif. Sehingga warga binaan diterima dalam kehidupan masyarakat luar.

“Warga binaan mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka bisa berada di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Humafest digelar selama 21-24 Oktober 2019 di Atrium Tangcity Mall. Selama festival berlangsung, terdapat sejumlah agenda seperti seminar, talkshow, perlombaan dengan tema kemanusiaan dan kepalangmerahan. Selain itu, pameran foto yang bekerjasama dengan Komunitas Taman Potret turut ditampilkan dalam even ini. (Ccp)

FREE DOWNLOAD MUSIK AND SOFTWARE
FREE DOWNLOAD MUSIK AND SOFTWARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.