Ratusan Calon Penumpang Kereta Di Swab Test

7

Tangerang — Upaya menditeksi penyebaran virus Corona di provinsi Banten terus dilakukan secara masif. Melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten Swab Test digelar di area stasiun kereta pasar Anyar bagi calon penumpang kereta api jurusan Jakarta. Tangerang, Kamis (22/7).

“Sebelumnya kami telah lakukan di terminal Poris Plawad bagi pengemudi ojek online, kali ini kami lakukan di area stasiun pasar Anyar dengan alat yang kami siapkan sebanyak 800,” ujar Mahmud Kepala Seksi Promosi Kesehatan Provinsi Banten.

Swab Test dilakukan pada pagi dan sore hari karena memang sesuai dengan jam pulang dan berangkat warga. Untuk pagi ada 9 personil dan sore hari dikerahkan 15 personil tenaga kesehatan

“Titik ini kami ambil karena memang seperti kita ketahui banyak warga yang beraktivitas ke Jakarta maupun Jakarta ke Tangerang,”ucapnya ditemui di lokasi.

Pihaknya berharap masyarakat semakin sadar pentingnya mengetahui diri terpapar virus corona atau tidak, sehingga ikut membantu memutus mata rantai covid-19. Protokol kesehatan juga harus diterapkan secara mandiri dan disiplin di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini.

“Kami tidak memaksa setiap calon penumpang kereta untuk swab test, tapi kami anjurkan agar mereka ikut sehingga mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan jika terpapar ataupun tidak,” ujarnya.

Ia menambahkan, hasil swabt test akan diperoleh oleh mereka dalam waktu sekitar 7 hari. “Nanti kami akan informasikan secara personal kepada mereka melalui saluran telelepon,” terangnya.

Sementara itu salah seorang warga yang mengikuti swab test, Alwan menuturkan, swabt test yang dilaksanakan pemerintah provinsi Banten ini sangat baik, karena membantu dalam menditeksi penyebaran sehingga bisa cepat memutus mata rantai penyebaran.

“Swab test ini tidak dipungut biaya, sangat membantu kami sebagai warga yang ingin mengetahui diri terpapar atau tidak, karena kan saat ini banyak orang tanpa gejala,” ujarnya. (Fajrin)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.