Resep Kue Putu Bumbung Tradisional

8

Katakota.com, – Putu bumbung merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan sekarang, dimana mamang yang jual selalu memanggul dagangan dengan ciri bunyi yang khas keluar dari uap air melalui lubang kecil yang menjadi tempat menaruh putu bumbung. Makanan ini terbuat dari tepung beras kemudian dicetak kedalam bambu dimana ada lubang ditengahnya dan tak lupa juga ditambah gula merah sebagai pemanis rasa.

Nah berhubung tema event kali ini makanan favorit, ane sudah pilih salah satu makanan favorit yang menjadi teman minum kopi yaitu putu bumbung. Gan sista sudah paham kan apa itu putu bumbung yang sudah ane jelasin tadi, kalau belum paham Gan sista bisa browsing di Google dengan keyword putu bumbung emoticon-Peace heheh bercanda-canda.

Makanan satu ini keberadaannya sudah sangat jarang ane temukan di kota kelahiran, beruntung sudah ada langganan dari dulu dimana ane masih beler ingusan sampai sekarang yang masih ingusan. Sebelum membahas makanan ini lebih mendetail sampai ke mamang yang jual, ane mau kenalin dulu nih kota kelahiran sekaligus kenangan.

Kota ini terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya, juga di kenal dengan berbagai macam rasa jenang serta terkenal dengan Wisata Religi Walisongo dan tidak lupa dengan Masjid Menara. Kota yang sebentar lagi ada event Relay Marathon, dimana lagi kalau bukan di Kota Kudus – Jawa Tengah.

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Google Images

Okay sekarang ane mau review makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yaitu putu bumbung, salah satu penjual yang masih setia menjual makanan ini bernama mamang Sapari. Lokasi berjualan mamang satu ini berada tidak jauh dari alun-alun Simpang 7 tepatnya di Gang 1 – Jl. Jenderal Ahmad Yani, seumpama nanti Gan sista mampir tinggal ambil jalur yang menuju ke Hypermart. Jangan langsung di gas nanti ada beberapa gang di sekitaran Simpang 7, Gan sista harus cermat menghitung gang takutnya nanti keliwat soalnya letak persis di pertigaan Gang 1.

Berikut bahan untuk membuat putu bumbung :

 

1. Tepung beras

 

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Hasil Jepret

Ane lupa tanya merk tepung berasnya sama mamang sapari, yang jelas mamang nyiapin tepung ada 2 jenis yaitu tepung beras yang sudah di rebus setengah matang kasih garam dan tepung beras biasa.

2. Gula Merah

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Hasil Jepret

Gula merah yang banyak di jual dipasaran maupun ditoko tinggal hancurkan atau parut.

3. Kelapa

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Hasil Jepret

Mamang pakai kelapa muda yang sudah di parut sebagai pelengkap istilahnya cocolan buat putu bumbung.

4. Cetakan Bambu

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Hasil Jepret

Bambu di potong sesuai ukuran jangan lupa diameter lubang (maaf ane lupa tanya juga diameter berapa) sebelum dipakai harus di rendam air terlebih dahulu.

Cara membuat nya seperti ini :

Dari video diatas sudah di kasih contoh sama mamang cara membuatnya, awal pertama ambil cetakan bambu kecil yang berlubang (inget harus di rendam dulu sebelum digunakan). Kemudian isi dengan tepung beras (sudah di rebus setengah matang) tapi hanya setengah saja, setelah itu ambil beberapa potongan gula merah dan masukan ke dalam lubang bambu tadi serta isi lagi dengan tepung beras.

Taruh cetakan bambu yang tadi di atas lubang yang keluar uap air dimana dibawah lubang ada air yang dipanaskan sehingga mengeluarkan uap yang berfungsi membuat putu bumbung menjadi matang siap santap. Sembari menunggu sekitar 5 menit biasa mamang Sapari membuat cetakan hinggal 12 cetakan (satu bungkus putu bumbung berisi 12 buah) sudah matang tinggal bungkus di tambah kasih parutan kelapa dan gula putih. Dari harga satu bungkus putu bumbung terbilang masih murah sekali Rp 7000,- sudah dapat menikmati makanan tradisional ini.

 

Cetakan Bambu Putu Bumbung

 

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Hasil Jepret

Gula Merah Putu Bumbung

[COCooking] Putu Bumbung Pelengkap Minum Kopi Sore Hari #AslinyaLo
Foto : Hasil Jepret

Hasil review setelah mencicipi putu bumbung :
– Wangi khas dari putu bumbung lumeran gula merah panas
– Tekstur lembut dari tepung beras serta rasa manis dari potongan gula merah langsung terasa begitu masuk ke mulut
– Rasa gurih dari buah kelapa yang menjadi pelengkap santapan makanan ini
– Sangat cocok di nikmati selagi masih panas atau hangat
– Seperti kata Alm. Bapak Bondan Winarno “Mak Nyus” bakal ketagihan

Usul dari ane hanya di tanggepi dengan senyuman oleh mamang Sapari :
– Coba kasih rasa lain (coklat, selai, keju)
– Pembungkus ganti kardus jangan pakai daun pisang
– Tambah alat pengukus (antrian pelanggan banyak, pengukus yang dari lubang uap hanya satu kompor gas).

Nah bagaimana Gan sista mudah bukan cara membuat makanan tradisional ini, kalau mau coba buat di rumah seumpama tidak menemukan cetakan bambu. Boleh di ganti dengan cetakan lain, ya walaupun beda bentuk namun rasa masih tetap sama. Ane ucapin matur suwun buat mamang Sapari yang sudah berkenan berbagi resep makanan tradisional.

Sumber : kaskus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.