Rutin Medical Check Up Cegah Timbulnya Penyakit

5
Medical Checkup penting untuk kesehatan

Medical Check Up (MCU) atau skrining kesehatan merupakan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit dalam tubuh atau organ tubuh secara dini.

Pandangan keliru seringkali muncul dalam benak masyarakat bahwa jika tidak ada keluhan pada tubuhnya berarti mereka sehat. Padahal, pada kenyataannya bisa saja terdapat penyakit yang tidak menampakkan gejalanya di awal namun setelah terdeteksi ternyata sudah dalam tingkat yang parah seperti hipertensi dan diabetes.

Menurut dr. Putri Mutiara Sari, dari RS Sari Asih Cipondoh, masih sedikit masyarakat yang peduli akan kesehatan diri nya, masih sedikit ketertarikan diri untuk melakukan Medical Check Up karena mereka takut akan hasil dari pemeriksaan. Padahal dengan melakukan MCU, justru kita dapat lebih aware dan bisa mencegah timbulnya penyakit yang tidak diinginkan.

“Memeriksakan kesehatan secara rutin sangatlah penting untuk mencegah timbulnya penyakit yang tidak kita inginkan. Apalagi bila keluarga kita memiliki penyakit yang menurunkan (genetic),” ucap dr Tiara.

Karena pada dasarnya seseorang tidak mengetahui kapan datangnya penyakit. Dengan melakukan MCU kita dapat mengetahui sejak dini penyakit apa saja yang sudah bersarang atau kemungkinan menyerang tubuh kita.

Ia mengatakan, kegiatan MCU dimulai dengan pemeriksaan awal untuk mengetahui riwayat kesehatan pasien. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang berupa uji laboratorium seperti cek darah, hati, ginjal, lemak, gula darah, dan radiologi seperti foto dada, thorax, dan rontgen. Sedangkan bagi kaum wanita, bisa dilakukan uji pap smear untuk mendeteksi keberadaan sel-sel serviks untuk mengetahui apakah ada resiko kanker serviks (leher rahim).

“Jadi, yakinkan tubuh Anda sehat dengan medical check up secara berkala di fasilitas kesehatan terpercaya,”katanya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.