Sambut Ramadan, Peritel Tambah Stok Barang

53
ilustrasi

Jakarta, KataKota.com – Bulan Ramadan menjadi berkah bagi umat muslim, demikian juga dengan sektor ekonomi. Biasanya dibulan Ramadan daya beli masyarakat bukanya menurun, namun malah naik.

Saat ini, perusahaan-perusahaan ritel mulai sibuk menambah stok barang yang dijual di setiap jaringan toko miliknya. Penambahan stok diperlukan untuk mengantisipasi lonjakan pembelian beberapa jenis barang tertentu yang biasanya meningkat di bulan Ramadan.

“Stok barang menjelang bulan puasa ditambah sekitar 15-20 persen dari hari biasanya. Terutama gula pasir, terigu, telur, bumbu, minyak goreng, sirop, dan bahan memasak lainnya,” kata Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat Hendri Hendarta dikutip dari kantor berita Antara.
Khusus untuk minuman sirop, ia menyebut penjualannya bisa naik 20 hingga 30 persen dari realisasi penjualan di hari biasa. Hendri juga menyebut, peritel juga kini mulai menjual beberapa jenis makanan yang secara musiman selalu muncul di bulan puasa seperti kurma.

Secara keseluruhan, Aprindo Jawa Barat memperkirakan pada bulan puasa dan lebaran tahun ini para peritel di Provinsi tersebut bakal menikmati lonjakan penjualan sebesar 12-14 persen seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. (eq/kk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.