Tim Dakauri UPJ Lakukan Pembinaan dan Pemberdayaan Desa di Cianjur

5
Pelepasan Tim DAKAURI oleh Rektor UPJ Leenawaty Limantara Ph.D, pada Jumat (12/09) lalu.

Tim Dari Kami Untuk Negeri (DAKAURI) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di desa Sukaresmi yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Keberangkatan tim dilepas secara langsung oleh Rektor UPJ Leenawaty Limantara Ph.D, pada Jumat (12/09) lalu.

“Dakauri hadir sebagai bentuk kepedulian para mahasiswa untuk membantu masyarakat sekitar, sebagai bagian dari tridarma perguruan  tinggi yg meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Chaerul Anwar, pembina DAKAURI, selasa (15/09).

Dikatakannya, kegiatan yang terangkum dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa 2020 ini, bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat, melalui upaya peningkatan aksesibilitas, sanitasi lingkungan, penyelesaian krisis air bersih yang akan dikerjakan selama 12 – 19 September 2020 oleh tim mahasiswa UPJ yang tergabung dalam DAKAURI.

 

TIM DAKAURI UPJ/ist

“Jadi kami fokus pada pembangunan pipa sejauh kurang lebih 2 KM untuk penyaluran air bersih ke penduduk desa. Ada 48 mahasiswa UPJ juga yang melakukan pelatihan untuk anak-anak sekolah, pemuda karang taruna, dan juga penyuluhan dari tim dosen ke warga,” terang Chaerul.

Menurut Chaerul, tahun ini menjadi sangat berarti, sebab kali ini DAKAURI akan mampu berbuat lebih setelah Kemdikbud menganugerahi dana hibah PHP2D tahun 2020. Hibah yang DAKAURI dapatkan setelah berkompetisi dengan banyak sekali perguruan tinggi. Sedangkan PHP2D sendiri adalah program Kemdikbud yang memberi ruang serta peluang bagi para agen perubahan melalui unit-unit kegiatan mahasiswa di kampus tempat mereka menimba ilmu. Ruang serta peluang untuk memberdayakan masyarakat desa menjadi masyarakat yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Tim DAKAURI UPJ/ ist

“Kedepannya DAKAURI akan terus memberi kehidupan, membawa perubahan dengan ‘Langkah Kecil untuk Membangun Negeri’, Kami juga akan melakukan beberapa kegiatan bakti sosial dan pelatihan di sejumlah  tempat di Banten dan Jawa Barat, tentunya yang dekat dengan kampus UPJ. Kemudian melakukan kegiatan pelatihan / penyuluhan kepada anak-anak sekolah atau pemuda karang taruna masyarakat desa maupun urban,” tutupnya.(Did/Rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.