Tim Garuda Polres Bandara Soetta Ungkap Pemalsuan Surat Bebas Covid-19

6
Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengadakan ungkap kasus penggunaan surat keterangan palsu bebas Covid-19 untuk menggunakan pesawat terbang, Senin (10/8/2020)

Katakota.com, -Tim Garuda Reserse dan Kriminal Polres Bandara Soekarno Hatta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Utama Soekarno Hatta mengungkap pemalsuan surat keterangan sehat Covid-19 yang dilakukan penumpang pesawat Garuda Indonesia.

Polisi telah menetapkan Fikram, 30 tahun penumpang Garuda Indonesia GA 656 Jakarta menuju Jayapura sebagai tersangka.

“Pelaku mendapatkan surat hasil negatif swab PCR palsu yang tertulis-nya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede dari seseorang yang tidak pelaku kenal,” ujar Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar Ade Ferdian Saputra, Senin 10 Agustus 2020.

Surat bebas Covid-19 merupakan salah satu dokumen kesehatan yang diperlukan dalam perjalanan moda transportasi udara pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Petugas pun langsung menuju ke lokasi, di area check-in domestik keberangkatan Terminal 3 dan melakukan pemeriksaan terhadap kedua penumpang tersebut.Hasilnya, dokumen kesehatan yang dibawa diduga kuat palsu. Keduanya pun langsung dilakukan pengamanan.

“Pelaku mengaku mendapatkan surat hasil negatif Swab PCR palsu yang tertulisnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede dari seseorang yang tidak dikenal,” ujarnya.

Menurut Adi, petugas pun membawa kedua pelaku untuk melakukan rapid test. Hasilnya, Fikram dinyatakan reaktif Covid-19, sedangkan Abdurrahman nonreaktif.”Surat hasil negatif Swab PCR pelaku dapat dipastikan palsu, karena fasilitas Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, terakhir operasional pada 30 Mei 2020. Abdurrahman telah diterbangkan ke Sentani,” ungkapnya.

Abdurrahman diterbangkan ke Sentani dengan dilengkapi hasil nonreaktif rapid test yang diselenggarakan Klinik Kesehatan Pratama Ur DokKes Polresta Bandara Soetta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.