TNI Investigasi Penyebab Jatuhnya Jet Tempur Nahas T-50i

22
Foto : CnnIndonesia (ist)

Jakarta, kataKota.com – TNI akan melakukan investigasi bersama tim yang telah di bentuk dan dipimpin oleh Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja.

Nantinya dalam investigasi tersebut, tim akan mencari fakta dan menganalisis satu per satu terkait faktor manusia, mesin, media, misi, dan manajemen (lima M) untuk menemukan penyebab kecelakaan jatuhnya jet tempur T-50i.

Jatuhya pesawat tempur ringan TNI AU jenis T-50i Golden Eagle di pinggiran Pangkalan Udara Adisucipto, Yogyakarta, menewaskan dua prajurit yang mengawaki jet itu. Mereka yang gugur ialah Komandan Skadron Udara 15 Letkol Penerbang Marda Sarjono dan Kapten Penerbang Dwi Cahyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Dwi Badarmanto mengatakan, soal kondisi pilot ketika berada di dalam pesawat, juga belum berani berspekulasi. Faktor manusia termasuk dalam kajian investigasi.

“Nanti akan kami jelaskan secara teknis bagaimana kondisi pilot ketika pesawat mau terbang,” ujar Dwi.

Proses investigasi itu membutuhkan waktu yang tak sebentar. “Bisa sebulan atau bahkan tahunan untuk mendapatkan itu (kesimpulan penyebab kecelakaan),” kata Dwi.

Dalam kecelakaan itu, keduanya tidak sempat menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar pesawat, sehingga menimbulkan spekulasi tentang berfungsi atau tidaknya kursi pelontar T-50i Golden Eagle itu. (Eq)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.