Upacara HUT RI ke-74, Warga LPP Klas IIA Tangerang Berpakaian Adat Daerah

14
lebaran

Tangerang, Katakota.com -Hari Ulangtahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun diselenggarakan semarak oleh semua lapisan masyarakat diberbagai daerah di Indonesia. Salah satunya diperingati para warga binaan Lapas Perempuan Klas IIA Tangerang yang melaksanakan Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 74, uniknya dalam upacara tersebut warga binaan dan seluruh petugas Lapas menggunakan busana adat daerah.

Pemakaian busana adat daerah ini merupakan bentuk rasa cinta dan kesetiaan warga binaan dan petugas lapas yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu diungkapkan Kapalas Perempuan Klas IIA Tangerang, Herlin Candrawati saat ditemui usai upacara bendera dalam rangka Memperingati HUT RI ke 74 di Lapas Perempuan Klas IIA Tangerang, Banten, Sabtu (17/8/2019).

“Meskipun mereka tengah menjalani hukuman akibat kesalahannya, namun harus di ingat mereka juga merupakan bagian dari Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang punya hak dan kewajiban yang sama untuk menghormati jasa dari para pahlawan kita dalam bentuk melakukan kegiatan seperti Upacara Bendera. Dan dengan kita menggunakan busana daerah saat upacara kami juga bermaksud ingin melestarikan tradisi dan budaya khas Indonesia. Dan mereka merasa senang bisa menggunakan baju adat ini karena mereka jadi mengenang tradisi dan budaya asal mereka juga,” ungkap Kalapas Perempuan Klas IIA Tangerang itu.

Ditambahkan Kalapas Wanita Klas IIA Tangerang itu, pemakaian busana daerah yang dipakai dalam HUT Kemerdekaan RI ke 74 itu memang sebagai upaya mereka menumbuhkan rasa bangga memiliki ada istiadat yang berbeda-beda di kalangan warga binaan. Pemakaian busana daerah ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Lapas Tangerang dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74 yang sebelumnya dimulai dengan perlombaan peragaan busana dan make up yang dilaksanakan hari sebelumnya.

“Apa yang kita selenggarakan hari ini dengan melaksanakan upacara bendera dengan menggunakan busana daerah merupakan ranngkaian kegiatan yang telah kita laksanakan dari kemarin dengan ada perlombaan Feysen busana daerah dan lomba Make Up. Dan buat mereka, perayaan hari kemerdekaan ini mereka maknai sebagai hiburan yang mereka tunggu setiap tahunnya buat mereka yang kini tengah menjalani masa hukuman akibat kesalahan mereka,” tandasnya.

Dari data yang diperoleh dari pihak Lapas Perempuan Klas IIA Tangerang, warga binaan yang saat ini tengah menjalani hukuman di Lapas Perempuan Klas IIA Tangerang berjumlah 373 warga binaan. Dimana 229 orang diantaranya mendapatkan remisi di Hari Kemerdekaan Indonesia dengan remisi yang berbeda-beda dimana 8 orang diantaranya hari ini mendapatkan kebebasan.Mereka mendapatkan kebebasan karena bebas murni dan mendapatkan remisi dari pihak Kementerian Hukum dan HAM atas dasar kelakuan mereka selama mereka menjalani masa hukuman di Lapas tersebut. (ccp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.