Wali Kota Instruksikan Bentuk KIM Setiap Kelurahan

10
KIM DI KAMPUNG TEMATIK GEMAS IMPLAN SUDAH TERBENTUK

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengeluarkan surat instruksi nomor 487/1323-kominfo/2021 kepada Kepala Diskominfo, Camat dan Lurah tentang pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di wilayah kelurahan.

 

Instruksi ini dalam rangka mewujudkan visi Kota Tangerang khususnya dalam meningkatkan daya saing masyarakat sekaligus mengimplementasikan amanat Permenkominfo Nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren bidang komunikasi dan informatika dimana sub urusan informasi dan komunikasi publik, salah satunya melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan KIM sebagai jejaring dalam diseminasi informasi disetiap wilayah/Kelurahan.

 

Kepala Diskominfo Mulyani mengatakan dalam surat instruksi agar Lurah se Kota Tangerang membentuk KIM dengan menerbitkan surat keputusan Lurah tentang kepengurusan KIM. Kemudian untuk Camat agar memantau pembentukan KIM di tiap Kelurahan dan melaporkan KIM yang sudah dibentuk kepada Wali Kota melalui Dinas Kominfo.

 

“KIM yang dibentuk secara struktur dapat melibatkan para penggiat dan atau bidang pada struktur organisasi kampung tematik, kampung PHBS, Kampung iklim,kampung sejahtera mandiri, karang taruna, ormas, dan atau RW yang bertanggung jawab dalam bidang kehumasan atau informasi masyarakat,” paparnya.

 

Kemudian berikutnya menginstruksikan Dinas Kominfo untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada KIM yang sudah dibentuk sehingga dapat menjalankan sesuai dengan fungsinya sebagai mitra pemerintah dalam mendiseminasikan informasi program pembangunan dan pelayanan publik.

 

 

“Sekaligus melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah serta daya saing masyarakat sesuai visi Kota Tangerang,” ujar Mulyani.

Apa itu KIM ?
1. Kelompok yang dibentuk dan dikelola masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif.
2. KIM beraktivitas mengelola informasi untuk pemberdayaan masyarakat di wilayah masing-masing
3. KIM secara aktif mengelola dan menyampaikan informasi kebijakan dan program pembangunan kepada masyarakat di wilayahnya secara swadaya
Maksud Dibentuknya KIM
4. Untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan,keterampilan,kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
Apa Tujuan KIM ?

1. Mitra Pemerintah dalam penyebarluasan , sosialisasi, dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat.
2. Mediator komunikasi dan informasi pemerintahan secara timbal balik dan berkesinambungan/penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat
3. Forum pelancar arus dan terminal informasi untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan.(adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.