Warga di Sudimara Timur Bangun Kampung Tematik

109
Warga di Sudimara Timur Bangun Kampung Tematik,(adit/katakota.com)

Tangerang, Katakota.com– Warga RW 04 Kelurahan Sudimara Timur Kecamatan Ciledug membentuk Kampung TIDAR yakni Tata Indah dan Rapi. Upaya yang dilakukan warga setempat dalam rangka menciptakan perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta mendukung program Kampung Kita yang dijalankan oleh Pemkot Tangerang.

Sekretaris Kelurahan Sudimara Timur, Agus Lesamana menjelaskan, Kampung Tidar yang sebelumnya terlihat kumuh kini terlihat berbeda, warga menginisiasi pembentukan 3 Kampung tematik yakni Kampung Lidah Buaya, Kampung Pakcoy dan Kampung Gotong Royong. Kombinasi ketiga kampung tersebut menciptakan lingkungan yang Indah dan rapi sehingga memberikan kenyamanan bagi warga setempat.

“Kampung ini dibangun atas kesadaran warga menciptakan kampung yang tertata indah dan rapi disingkat Tidar melalui tiga kampung yang dibentuk meliputi Kampung gotong royong, kampung lidah buaya dan pakcoy,”ujarnya.

Memasuki Kampung Tidar di Jalan Masjid pengunjung akan disambut dengan beraneka ragam lukisan mural yang dibuat oleh pemuda setempat. Lukisan mural yang dibuat menyampaikan pesan-pesan moral serta kearifan lokal budaya Tangerang.

Menelusuri kedalam permukiman di Kampung Tidar suasana sejuk oleh rindangnya pepohonan dan jalan lingkungan dilengkapi dengan drainase yang tertata rapi.Wilayah ini juga terlihat terang saat malam hari karena fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) yang memadai.

Sementara Kampung Lidah Buaya dan Pakcoy telah dimulai oleh warga setempat dengan menyediakan tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan dan bernilai ekonomi itu di rumahnya masing-masing.

“Proses Kampung Tidar masih terus berjalan, warga terus bebenah menata kampung, Kemudian Pemkot Tangerang melakukan pembinaan serta melengkapi infrastruktur dan sarana-prasarana yang dibutuhkan melalui Dinas-dinas terkait,’kata dia.

Membentuk Kampung tematik dalam program Kampung Kita yang dijalankan oleh Pemkot Tangerang memiliki berbagai manfaat bagi masyarakat. Mulai dari Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat hingga pengentasan kemiskinan melalui pengembangan Koperasi dan UKM, serta potensi lokal.

Kampung Tidar berupaya mengembangkan potensi wilayah dengan berbagai kegiatan seperti kerja bakti membersihkan lingkungan, pengembangan potensi lokal dan UKM melalui pelatihan pembuatan kerajinan tangan oleh kader PKK hingga mendatangkan wisatawan dengan kehadiran kuda tunggang dan delman keliling kampung.

“Warga setempat menyediakan paket wisata Kampung Tidar yakni pelatihan membuat kerajinan tangan dan wisata keliling kampung dengan berkuda. Pengunjung  mendapatkan edukasi dan wisata yang lain dari biasanya,’ucapnya.(Dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.