4 Fakta Unik Usai Juara MotoGP Qatar 2019

1
Andrea Dovizioso mengungguli Marc Marquez dan Cal Crutchlow di MotoGP Qatar 2019. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Katakota.com, -Pebalap Ducati Andrea Dovizioso menjadi juara seri pembuka MotoGP Qatar 2019. Dovizioso finis paling depan di Sirkuit Losail dengan waktu 42 menit 36,902 detik mengalahkan pebalap Repsol Honda Marc Marquez.

Dovizioso yang memulai lomba dari posisi kedua langsung tancap gas untuk memimpin balapan. Ia terus berada di posisi paling depan walau sempat disusul pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins.

Jelang finis, Dovizioso terlibat persaingan sengit dengan Marquez. Keduanya terlibat aksi saling susul yang akhirnya dimenangi Dovizioso dengan keunggulan waktu 0,023 detik dari rider asal Spanyol tersebut.

Kemenangan ini menjadi awal yang manis bagi Dovizioso dalam mengarungi MotoGP 2019. Duel sengit dengan Marquez juga menjadi penanda awal persaingan keduanya yang sudah terjadi dua tahun terakhir.

Sementara itu, hasil mengecewakan diraih pebalap anyar Repsol Honda Jorge Lorenzo yang hanya mengakhiri lomba di posisi ke-13. Adapun, Valentino Rossi (Monster Enery Yamaha) finis di posisi kelima.

1. Perseteruan Dovizioso dan Marquez

Pertarungan sengit antara Dovizioso dan Marquez di Sirkuit Losail, Minggu (10/3) waktu setempat ibarat duel ulangan di tempat yang sama musim lalu.

Ketika itu, Dovi juga finis di depan Marquez. Di MotoGP 2018, Marquez finis 0,027 detik di belakang Dovizioso, sementara musim ini Baby Alien terpaut 0,023 detik dari Dovizioso.

2. Valentino Rossi Finis Kelima

Finis kelima di Sirkuit Losail merupakan catatan terburuk bagi Rossi sejak tahun 2013. Sebelumnya Rossi pernah finis di posisi ke-10 tahun 2012.

Rossi terakhir kali menempati podium tertinggi di MotoGP Qatar tahun 2015. Ia finis di depan Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

4 Fakta Unik Usai Dovizioso Juara MotoGP Qatar 2019Pebalap Ducati Andrea Dovizioso menjadi juara seri pembuka di MotoGP Qatar 2019. (KARIM JAAFAR / AFP)

3. Rapor Buruk Lorenzo

Rider asal Spanyol ini tampil mengecewakan karena hanya bisa mengakhiri lomba di posisi ke-13. Ia tidak bisa mengikuti jejak rekan setimnya Marc Marquez yang finis sebagai runner-up.

Di MotoGP 2018, Lorenzo juga harus merasakan kekecewaan. X-Fuera gagal finis saat musim lalu masih menunggangi motor Ducati.

4. Yamaha Ulangi Catatan Tahun 2016

Rossi hanya mampu finis di posisi kelima di MotoGP Qatar 2019. Sedangkan Vinales yang menempati pole position hanya bisa finis ketujuh.

Kegagalan Rossi dan Maverick Vinales menempati podium menyamai catatan minor di MotoGP Qatar 2016. Kala itu, Vinales finis keenam sedangkan Rossi di posisi keempat.

Sumber : CNNindonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.