Ini Catatan Bisa Bikin Persija Kalah di Final Laga Kedua

2
lebaran

Katakota.com, -Melakoni leg kedua final Piala Indonesia 2018/19 di kadang PSM Makassar, Persija Jakarta berpotensi besar untuk mengalami kekalahan. Mengantongi keunggulan agregat 1-0 dari leg pertama, Persija Jakarta harus menjalani leg kedua final Piala Indonesia 2018/19 di kandang PSM Makassar, Minggu (28/07/19).

Di atas kertas, keunggulan Persija Jakarta memang akan menguntungkan klub berjuluk Macan Kemayoran itu di partai final nanti. Baca Juga Darije Kalezic Ungkap Alasan PSM Makassar Bisa Tumbangkan Persija dan Juara Kratingdaeng Piala Indonesia Namun dengan selisih yang hanya 1-0, posisi Persija Jakarta jelas belum aman untuk bisa menjadi juara di Piala Indonesia 2018/19.

Apa lagi ada beberapa faktor lain, yang bisa membuat mereka justru akan menelan kekalahan di kandang PSM Makassar nanti. Apa saja faktornya?
Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam ‘3 hal yang bisa buat Persija Kalah atas PSM di leg kedua Final Piala Piala Indonesia.

Catatan Kandang PSM Makassar

Hal pertama yang bisa menjadi batu sandungan besar Persija Jakarta di laga final leg kedua Piala Indonesia 2018/19 nanti adalah rekor tandang PSM Makassar yang cukup baik. Hingga kini di lIga 1 2019, klub berjuluk Juku Eja itu belum sekalipun menelan kekalahan di kandangnya dendiri, Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin Makassar

Bahkan dalam empat laga kandang yang telah dimainkan di Liga 1 2019, PSM Makassar selalu mampu meraih kemenangan. Di mana kemenangan terbesar terjadi kala menjamu Perseru Badak Lampung dengan skor 4-0, (24/05/19). Dengan fakta itu, bukan tak mungkin Persija Jakarta akan menjadi tim selanjutnya yang akan merasakan keangkeran markas PSM Makassar tersebut.

Wiljan Pluim

Meski memiliki kekuatan kolektif secara tim, tak bisa dipungkiri PSM Makassar masih sangat mengandalkan kemampuan luar biasa seorang Wiljan Pluim. Terbukti ketika pemain berdarah Belanda itu absen di leg pertama final Piala Indonesia kontra Persija Jakarta, Tim Juku Eja tak bisa meraih kemenangan.

Kabar baiknya, di leg kedua nanti, Pluim dipastikan bisa bermain seiring telah fitnya kondisi pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

Menjadi kabar baik untuk PSM Makassar, sebaliknya kehadiran Pluim tentu akan menjadi hal yang buruk buat Persija Jakarta. Adanya Pluim di laga nanti, secara langsung bisa membuat para pemain bertahan Persija Jakarta semakin terbebani menghadapi serangan PSM Makassar yang akan semakin variatif bersama Pluim. Kehadiran dan penampilan impresif Pluim mungkin bisa menjadi salah satu penyebab kekalahan Persija Jakarta atas PSM Makassar nanti.

Mental

Hal terakhir yang bisa membuat Persija Jakarta besar kemungkinan akan menyerah atas PSM Makassar di leg kedua final Piala Indonesia 2018/19 adalah masalah mental. Mendapatkan teror lemparan batu usai menjalani latihan resmi di Stadion Andi Mattalatta jelas bukan perkara yang sepele bagi anak-anak Macan Kemayoran. Sangat mungkin hal itu berpengaruh ke psikis pemain di atas lapangan nanti.

Terlebih saat ini, secara mental pemain Persija Jakarta belum bisa dibilang maksimal selama gelaran Liga 1 2019. Kondisi mereka masih limbung di zona degradasi dan juga masih terus beradaptasi bersama pelatih baru Julio Banuelos. Dengan kondisi tersebut, ditambah teror suporter PSM Makassar, besar kemungkinan kekalahan akan dirasakan Ismed Sofyan dan kawan-kawan di leg kedua final Piala Indonsia 2018/19 sore nanti.

Sumber : Indosport.com
Uploader Cecep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.