Kampung Bahari Nusantara Wujudkan Ketahanan Pangan

23
Panen raya ikan bandeng di Kampung Bahari Nusantara, Tanjung Pasir, Banten, Rabu (5/8/2020).

Katakota.com, -Dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono melaksanakan panen raya, tabur benih, bakti sosial Covid-19 dan pencanangan “Kampung Bahari Nusantara”, bertempat di Tanjung Pasir, Banten, Rabu (5/8/2020).

Kegiatan yang didahului dengan tour facility di Posal Tanjung Pasir ini, Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa ketahanan pangan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemimpin Angkatan Laut kepada prajurit TNI AL serta warga sekitar, dengan tujuan terciptanya hubungan yang baik, dan terjalin rasa kebersamaan secara langsung dengan prajuritnya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono melaksanakan panen raya ikan bandeng“Kampung Bahari Nusantara”, bertempat di Tanjung Pasir, Banten, Rabu (5/8/2020).

Menurut Kasal, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap sendi kehidupan manusia. Salah satu dampak yang dirasakan saat ini adalah sektor pangan. Situasi ini merupakan implikasi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berimbas pada distribusi pangan ke daerah-daerah di Indonesia.

Kasal mengapresiasi prajurit-prajurit Lantamal III Jakarta yang telah melaksanakan program ketahanan pangan di Posal Tanjung Pasir, sehingga hari ini dapat disaksikan bersama hasil panen raya ketahanan pangan ini sebagai bagian dari dukungan TNI AL terhadap pemerintah dan rakyat Indonesia, karena di masa sulit seperti saat ini, peran dan keterlibatan prajurit TNI AL sangat dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, sebelumnya Kasal menerima laporan kesiapan dari Aspotmar Kasal Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, dilanjutkan dengan penekanan tombol tanda pencanangan Kampung Bahari Nusantara, dan melaksanakan bakti sosial (Baksos) berupa penyerahan bantuan alat kesehatan dan sembako, serta video conference interaktif dengan perwakilan Lantamal I s.d. XIV.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono melaksanakan panen raya sayur mayur tanaman hidroponik “Kampung Bahari Nusantara”, bertempat di Tanjung Pasir, Banten, Rabu (5/8/2020).

Selanjutnya, Kasal menuju areal panen raya dengan melaksanakan tabur benih ikan bandeng dan ikan lele, panen ikan lele, penanaman pohon cemara laut, dan pemanfaatan lahan di berbagai satuan kerja di antaranya melaksanakan penanaman sayur serta buah, tanaman toga, pembibitan dengan menggunakan medio tanah maupun hidroponik, yang diakhiri meninjau stand hasil ketahanan pangan Lanal-Lanal dan UMKM.

Penulis : Roy
Editor : Eky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.