Kendalikan Lalu Lintas dari Kamera Pengawas

7
Dinas Perhubungan sejak tahun 2013 telah mengoperasikan Area Trafic Control System (ATCS). Kehadirannya membantu mengurai kemacetan serta permasalahan lalu lintas yang terjadi karena berbagai faktor seperti adanya kecelakaan, dan bencana alam.
Kepala Dishub Wahyudi Iskandar mengatakan, sebanyak 11 petugas control room ATCS bekerja secara shifting mulai dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Mereka memonitor kondisi lalu lintas dari kamera pemantau yang telah terpasang.
“Misalkan ditemui kondisi kemacetan maka akan dilakukan pengaturan waktu pada trafic light, jika belum teratasi akan dikordinasikan dengan petugas yang bersiaga di lapangan untuk melakukan rekayasa lalu lintas,” ujarnya.
Kemudian saat terjadi bencana alam seperti pohon tumbang, genangan banjir atau  kecelakaan petugas ATCS akan berkordinasi dengan petugas yang bersiaga di lapangan agar segera melakukan penanganan pertama lalu selanjutnya berkordinasi dengan pihak terkait.
“Begitu juga dengan antrian karena adanya perbaikan jalan, petugas telah bersiaga di lokasi mengatur lalu lintas, Jadi ATCS Room menjadi pusat komunikasi dengan petugas di lapangan sehingga dengan cepat merespon kondisi yang terjadi, ”katanya.
Adapun sebanyak 55 Simpang Terpasang CCTV terdiri dari 34 CCTV PTZ (Pan Tilt Zoom) yakni amera pemantau yang dapat dikendalikan untuk berputar ke kiri dan kanan atas bawah serta zoom dengan gerakan 360 derajat lalu sebanyak 21 CCTV jenis Fixed.
Kemudian sebanyak 8 Titik Simpang dilengkapi CCTV dengan Pengeras Suara
berada di TMP Taruna, Tanah Tinggi, Puspemkot Tangerang, Benteng Betawi, PLN Cikokol, Gerendeng, Tangcity dan Banjar Wijaya.(Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.