Kisah Agnes, Duta Baca Kota Tangerang

42
Agnes Maria Sevionischa Geraldine Tuasun peraih juara Duta Baca Kota Tangerang tahun 2019./ist

Agnes Maria Sevionischa Geraldine Tuasun peraih juara Duta Baca Kota Tangerang tahun 2019. Prestasinya merupakan cita-cita yang diidamkan meskipun mengikuti ajang tersebut secara mendadak.

Perempuan yang akrab disapa Agnes ini menceritakan, keikutsertaannya di ajang tahunan yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) itu berawal dari kekaguman dari kakak kelas yang juga duta baca tahun 2018.

Kekaguman siswi SMA Strada St Thomas Aquino Tangerang ini ditambah cita-citanya yang juga ingin menjadi duta baca membuat dirinya mencari informasi pemilihan duta baca.

“Harapannya bisa menjadi duta baca berikutnya, agar bisa berkontribusi terhadap literasi di kota tangerang seperti kakak kelas kami,” ujar dia.

Tak disangka H-1 jelang pemilihan Agnes pun terpilih mewakili sekolah kemudian diminta untuk melengkapi persyaratan berupa penulisan makalah.

“Saya kaget banget karena tidak persiapan apa-apa. saya membuat esai juga besok paginya di sekolah dan pengumpulannya paling lambat jam 2 siang. jadi saya benar-benar mendadak ikut duta baca,” terangnya.

Gadis yang hobi membaca novel ini pun mengikuti karantina selama 4 hari bersama finalis lainnya.Lalu grand final pemilihan Agnes juga menampilkan bakat menyanyi yang dimiliki sejak kecil.

Aktif Sosialisasikan Literasi ke Masyarakat

Setelah terpilih sebagai Duta Baca tahun 2019, Agnes mengaplikasikan gagasan dan visi misinya saat pemilihan duta baca.

“Visi membangun minat baca masyarakat agar punya bekal kehidupan dan misi saya membuat lomba-lomba, reading challenge di sosial media, dan sosialisasi gemar membaca,” ujar warga Cimone ini.

Setelah ditetapkan jadi duta baca, Agnes bersama rekan-rekan duta baca lainnya melakukan beberapa kegiatan untuk mensosialisasikan literasi ke masyarakat.

“Kami bekerjasama dengan forum anak kemudian berkunjung ke kampung anak di kelurahan Larangan Utara. lalu kami bersama DPAD juga mengadakan event Kota Tangerang Book Festival dan lomba-lomba yang berkaitan dengan literasi,” paparnya.

Upaya yang dilakukan Agnes dan duta baca lainnya sesuai dengan tugas sebagai Duta Baca yakni mensosialisasikan dan menyebarkan ke masyarakat kota tangerang mengenai dunia literasi. Mengenalkan dunia literasi dan manfaat membaca kepada masyarakat, menunjukkan pada masyarakat manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca agar minat baca masyarakat semakin bertumbuh.

“Singkatnya seperti motivator minat baca, kami juga aktif sosialisasi literasi ke masyarakat di sosial media,” ucapnya.(Adit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.