Lebih Dekat dengan Tiga Duta Anti Narkoba Kota Tangerang

20
DUTA ANTI NARKOBA KOTA TANGERANG

Vilenta Ovilia dan Riri Iranti peraih peringkat pertama dan Runner up dalam ajang Duta Anti Narkoba Kota Tangerang tahun 2021. Keduanya memiliki segudang prestasi yang dapat mendukung tugasnya dalam mengkampanyekan anti narkoba selama satu tahun kedepan.

Vilenta Ramadana Olivia (22) diketahui merupakan milenial asal Kota Tangerang yang aktif mensuarakan hak bersuara, hak pendidikan dan hak berbagi kaum perempuan.

Mahasiswi Universitas Budi Luhur ini juga mendirikan komunitas yakni she deserves Indonesia. Tujuannya untuk mewadahi perempuan Indonesia agar bersuara dan menyampaikan pendapat dan kisahnya atas berbagai fenomena dan isu yang terjadi.

Komunitas yang memiliki anggota mencapai ratusan perempuan dari berbagai daerah di Indonesia ini rutin mengadakan berbagai kegiatan pengembangan diri perempuan.

“Fokus komunitas untuk perempuan, pemegang perannya perempuan. Kita fokus aspek pendidikan dan aspek bersuara,” ujarnya.

Selain itu Vilenta juga berprestasi dalam ajang debat nasional. Warga Cipondoh ini berhasil menduduki peringkat  9 dari 132 debater  mahasiswa se Indonesia tingkat nasional pada tahun 2019.

Sebagai Duta Anti Narkoba Vilenta akan menyiapkan  berbagai strategi dan program kerja dalam bentuk sosialisasi bahaya anti narkoba ke berbagai pelosok wilayah di Kota Tangerang.

“Sasaran utama menjadikan pemuda lebih produktif dengan hoby atau aktivitas yang ditekuni sehingga saat mengalami depresi lalu beralih ke narkoba bukan jalan yang baik, selain itu, sasaran berikutnya para orang tua untuk diberikan sosialisasi bahaya depresi pada anak yang nantinya akan berdampak pada keinginan mereka mencoba narkoba,” papar dia.

Kemudian peringkat kedua Duta Anti Narkoba Kota Tangerang 2021 Riri Iranti juga memiliki segudang prestasi.

Mahasiswi magister akuntansi Universitas Budi Luhur ini pernah meraih gelar Putri Hijab Banten tahun 2020.

Saat ini Riri aktif di media sosial sebagai influencer. Pengikutnya di Instagram mencapai 50 ribu.

Banyaknya pengikut di media sosial memudahkan warga Cipondoh ini untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat terutama generasi muda.

”Rencananya akan buat even anti narkoba di medsos bareng teman-teman,” ujar Riri yang baru saja meraih gelar Puteri pariwisata dalam ajang Puteri model muslimah Indonesia 2021.

Selain Vilenta dan Riri, Ladyva Pinke Andrea (17) peraih Duta Anti Narkoba Kota Tangerang 2021 kategori berbakat. Peserta termuda dalam ajang tersebut berbakat dalam seni tari tradisional.

 

Warga Kecamatan Pinang ini bahkan bertahun-tahun mempromosikan kebudayaan Indonesia di luar negeri.

Selama sepuluh tahun Pinke bersama orangtuanya tinggal di dua negara timur tengah yakni Bahrain dan Uni Emirat Arab.

“Melalui tarian tradisional saya perkenalkan budaya Nusantara kepada masyarakat di luar negeri, ” ujarnya.

“Mereka sangat terpesona sekali melihat tarian Indonesia yang beragam dengan kostum tariannya yang unik sehingga sangat eye catching untuk duta-duta besar yang hadir di acara kedutaan. Sebagai penari, banyak sekali yang antusias untuk foto bersama,” sambungnya.

LADYVA PINKE ANDREA SAAT UNJUK BAKAT DALAM AJANG DUTA ANTI NARKOBA KOTA TANGERANG 2021

Kini setelah kembali di Indonesia Pinke mengikuti ajang tersebut. Tarian tradisional yang ditampilkan dalam unjuk bakat mengantarkannya meraih duta anti narkoba kategori berbakat.

“Motivasi ikut duta anti narkoba saya  ingin sekali menjadi panutan bagi teman teman seusia saya dan saya ingin sekali mensosialisasikan kepada teman-teman saya mengenai bahaya dari narkoba,” katanya.

Bagi siswa SMA Budi Luhur ini, menjadi duta anti narkoba menjadi wadah tepat untuk mengabdi kepada masyarakat. Mengingat saat ini isu-isu narkoba selalu hangat dibicarakan,dan disamping itu angka pengguna narkoba terus bertambah setiap tahunnya.

“Saya akan bikin content yang menarik karena generasi millennial lebih tertarik melihat fitur fitur social media yang baru dan unik seperti instagram, tiktok , reels. Jadi bagi saya, sosialisasi melalui media sosial adalah salah satu cara agar generasi muda paham mengenai bahaya narkoba,” kata dia.

Untuk diketahui Ajang pemilihan Duta Anti Narkoba Kota Tangerang 2021 selesai digelar pada Minggu (22/8/2021) lalu. Ajang yang dimulai sejak bulan April 2021 ini diikuti sebanyak 300 pendaftar.Mereka mengikuti rangkaian pemilihan mulai dari audisi, kunjungan kelembagaan, advokasi dan pembinaan dilanjutkan karantina virtual dan terakhir unjuk bakat.

Adapun Duta Anti Narkoba Kota Tangerang 2021 diraih oleh Vilenta Ovilia, peringkat kedua Riri Iranti, untuk peringkat ketiga Aldi Gilang, kemudian kategori berbakat Pinke Andrea dan kategori favorit diraih oleh Miftahul Zannah Ariansyah.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.